get app
inews
Aa Read Next : Terbukti! Fungsi Sidik Jari yang Disebutkan dalam Al Quran, Ini Penjelasan Ilmiahnya

Disebut dalam Al Quran, Fakta Menarik Selat Gibraltar Menghubungkan Dua Perairan tapi Tidak Menyatu

Kamis, 15 Desember 2022 | 16:37 WIB
header img
Disebut dalam Al Quran, Fakta Menarik Selat Gibraltar Menghubungkan Dua Perairan tapi Tidak Menyatu. Foto: IST

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah fakta menarik terkait Selat Gibraltar yang berada di antara Benua Eropa dan Afrika, tempat yang menghubungkan dua perairan berbeda, namun tidak bisa menyatu.

Negara Spanyol dan juga Maroko dipisahkan oleh Selat Gibraltar. Seiring berjalannya waktu, selat ini berkembang menjadi satu kawasan tersibuk dengan letak geografisnya yang memang potensial.

Berikut sejumlah fakta menarik dari Selat Gibraltar, seperti dilansir dari laman Marine Insight.

Fakta Menarik Selat Gibraltar

1. Pernah Disebut dalam Al-Qur’an

Dalam Al Quran Surat Ar-Rahman ayat 19-20, disampaikan bahwa terdapat dua laut mengalir yang kemudian bertemu. Namun, di antara keduanya ada batas yang tidak bisa dilampaui masing-masing.

Adapun hal tersebut kerap dikaitkan dengan Selat Gibraltar yang terletak di antara Benua Afrika dan Eropa. Dalam hal ini, di selat tersebut terjadi pertemuan antara Samudra Atlantik dan Laut Mediterania yang tidak bisa menyatu.

2. Asal Usul Namanya

Gibraltar sendiri diketahui berasal dari bahasa Arab, yakni “Jabal al Tariq”. Adapun hal ini kemungkinan besar mengacu pada sebuah batu besar yang berada di sekitar selat tersebut.

Dalam bahasa Arab, Jabal berarti “gunung”. Sementara Tariq mengacu pada komandan dari Afrika Utara yang pernah memimpin ekspedisi militer ke selat tersebut.

3. Terkenal dengan Sebutan Europa Point

Seperti yang diketahui, perairan Laut Mediterania dan Samudra Atlantik sangat berbeda. Pada titik pertemuan dua perairan besar tersebut, muncul istilah Europa Point atau Punta de Europa.

Kawasan tersebut juga menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal dengan banyak bangunannya. Sebut saja seperti Harding’s Battery, Masjid Ibrahim, Mercusuar Eropa, hingga Sikorski Memorial.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut