get app
inews
Aa Read Next : Ular Kobra Sepanjang 3 Meter Kagetkan Warga di Ciamis saat Pulang dari Masjid

7 Hewan dengan Bisa Termahal di Dunia, Harga Racun Ular Kobra Fantastis  

Sabtu, 03 Desember 2022 | 13:05 WIB
header img
Harga racun ular kobra ternyata sangat fantastis, yakni sekitar USD153.000 atau setara Rp2,2 miliar per galon. Foto: Dok

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idRacun ular kobra ternyata harganya sangat fantastis. Per galon dijual sekitar USD153.000 atau setara Rp2,2 miliar. Harga racun ular kobra ini mencapai Rp593 juta per liter, jika satu galon setara dengan 3,7 liter.

Kenapa racun king kobra sangat mahal? Karena ekstraksi racun ini secara komersial dapat bermanfaat untuk obat penawar racun. Jika seseorang digigit ular kobra, biasanya dokter akan memberikan racun ini untuk digunakan sebagai penawar.

Selain itu, kegunaan racun ini di bidang farmasi yakni sebagai penghilang rasa sakit, mencegah gumpalan darah dan mengurangi tekanan darah. Karena racun ini merupakan racun serbaguna, makanya bisa ular cobra harganya sangat fantastis.

Selain ular kobra, ada beberapa racun hewan lainnya yang harganya juga fantastis. Berikut 7 racun yang sangat mahal yang dikutip dari situs Modern Farmer.

Hewan dengan Bisa Termahal di Dunia

1. Kalajengking

Di urutan pertama hewan dengan bisa termahal di dunia adalah kalajengking. Dengan harga USD39 juta per galon, racun kalajengking deathstalker merupakan strain paling mahal di dunia. Asal tahu saja, racun kalajengking deathstalker menyakitkan 100 kali lebih banyak daripada lebah, menempatkan pemerah pada risiko tinggi.

Untuk mendapatkan satu galon racun kalajengking, pemerah harus melakukannya terhadap ribuan kalajengking karena seekor kalajengking hanya mengeluarkan dua miligram racun yang terbaik. Racun kalajengking ini digunakan untuk mengobati penyakit radang usus, rheumatoid arthritis, dan multiple sclerosis.

2. King Kobra

Di urutan kedua hewan dengan bisa termahal di dunia ada King Kobra. Meskipun mungkin jauh lebih murah daripada racun deathstalker, varietas king cobra masih berharga USD153.000 atau sekitar Rp2,2 miliar per galon.

Selain risiko yang terlibat dalam menangani reptil yang dapat membunuh gajah, alasan lain mengapa cairan itu sangat mahal adalah karena mengandung protein kuat yang dikenal sebagai ohanin, yang berpotensi untuk pengobatan nyeri kronis.

3. Ular Karang

Selanjutnya ular karang, hewan dengan bisa termahal di dunia. Meskipun kurus dan cantik, ular karang adalah salah satu ular mematikan dengan racun terkuat kedua setelah mamba hitam. Racun ular karang dihargai lebih dari USD4.000 atau setara Rp57,4 juta per gram, mencerminkan berbagai kegunaan medis yang diakui. Penelitian menunjukkan bahwa racun ular karang mungkin memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut