Ciamis Jadi Sentra Produksi Ayam Pedaging Broiler, 37 Kandang Close House Tersebar di 14 Kecamatan

Andri M Dani
Ciamis jadi sentra produksi ayam pedaging broiler, 37 kandang close house tersebar di 14 kecamatan. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Di tengah upaya revitalisasi kandang ayam tradisional, selama lima tahun terakhir bermunculan kandang ayam modern jenis close house dengan kapasitas tampung sampai 42.000 bahkan hingga 50.000 ekor DOC (day old chick).

Sampai pertengahan Agustus ini jumlah kandang close house di Ciamis menurut data dari Dinas Peternakan dan Perikanan (Kadisnakan) Ciamis sudah mencapai 37 buah close house yang tersebar di 14 kecamatan dari 27 kecamatan di Ciamis. Jumlah close house di Ciamis terbanyak di Priangan Timur.

"Totalnya ada 37 close house tersebar di 14 kecamatan di Ciamis. Satu lagi di Cisaga sedang dalam proses perizinan," ujar Kadisnakan Ciamis Dr H Giyatno kepada iNewsCiamisRaya.id usai acara penerimaan belasan guru bidang perunggasan dari 14 SMK dari berbagai provinsi di tanah air yang akan akan magang praktek di sejumlah close house di Ciamis, Senin (19/8/2024).

Kandang close house merupakan kandang moderen berbasis kecanggihan teknologi dengan penanaman modal yang cukup besar mencapai miliaran rupiah. Khusus untuk budidaya ayam pedaging jenis broiler (BR) dengan biaya produksi lebih rendah dan lebih efisien daripada budidaya ayam di kandang tradisional.

Menurut Giyatno, Disnakan hanya mengeluarkan rekomendasi teknis, sementara izin pendirian close house diterbitkan oleh Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (DPMPT).

"Sementara kuota pendirian close house tergantung RT/RW kecamatan setempat," katanya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network