Jalan Raya Ciamis-Kawali Licin Kena Tumpahan Solar, 3 Mobil Alami Kecelakaan

Andri M Dani
Tiga mobil alami kecelakaan saat lewati Jalan Raya Ciamis-Kawali yang licin kena tumpahan solar. Foto: Dok UPT Damkar Satpol PP Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Jalan raya Ciamis-Kawali Km 9 tercemar lelehan tumpahan solar sepanjang 4 km mulai dari Tanjakan Tilu Desa Selamanik sampai Cibuyut Warung Jarak, Desa Muktisari, Cipaku, Ciamis, Kamis (4/7/2024) sekitar jam 22.00 WIB malam.

Ruas jalan yang terparah kena tumpahan solar di Blok Cibuyut RT 05 RW 10 Dusun Warung Jarak Desa Muktisari, Kecamatan Ciamis. Tiga mobil tikusruk, melaju ke depan tak terkendali saat melewati jalan yang  penuh luberan solar tumpah tersebut.

“Tadi malam ada 3 mobil yang jadi korban di Cibuyut. Mobil melaju tak terkendali begitu menginjak jalan yang kena tumpahan solar,” ujar Soni, Kepala Dusun Warung Jarak, Desa Muktisari kepada iNewsCiamisRaya.id, Jumat (4/7/2024).

Ketika mobil yang jadi korban tumpahan solar tersebut menurut Soni, yakni mobil truk yang nyelonong masuk kebun, honda jazz menghantam pagar rumah warga dan mobil xenia terperosok masuk got. Tiga mobil mengalami kecelakaan tunggal karena pengemudi tidak bisa mengendalikan kendaraannya saat melewati jalan yang kena tumpahan solar tersebut.

“Lokasi kejadiannya di Km 9, kampung Cibuyut, mobilnya penyok-penyok. Tapi tidak ada korban, sopir dan penumpang selamat.  Baik mobil pribadi maupun truk. Truknya lagi kosong tidak ada barang angkutan,” katanya.

Kerusakan parah dialami truk sehingga harus diderek, sementara mobil Xenia dan honda jazz rusak ringan. Bisa jalan kembali setelah kejadian.

Ruas jalan yang paling parah kena tumpahan solar tersebut menurut Soni ada sepanjang 1 km mulai dari blok Masjid Aladin sampai jembatan Cibuyut. Terlebih di ruas jalan dekat belokan SD Muktisari dan pabrik tahu bulat Macakal.

“Ruas jalan yang kena tumpahan solar itu jalur kanan dari arah Ciamis atau jalur kiri dari arah Kawali. Informasinya yang di Tanjakan Tilu hanya satu motor yang terjatuh. Paling parah memang di Cibuyut,” imbuh Soni.

Menurut Soni belum diketahui asal usul tumpahan solar yang mencemari jalan dan membahayakan pengguna jalan tersebut.

“Belum diketahui tumpahan solar itu dari mana asalnya, kendaraan apa yang jadi penyebabnya. Belum diketahui. Di jalur Cibuyut memang sering terjadi tumpahan solar,  mungkin karena kondisi ruas jalan yang banyak  belokan tajam yang menurun. Kejadian tadi malam paling parah. Biasa yang jatuh akibat tumpahan solar hanya motor, tapi tadi malam malah mobil. Tiga mobil lagi,” jelasnya.

Beruntung waktu kejadian tidak banyak kendaraan yang lewat dan hujan masih turun. “Kondisi jalan agak sepi, mungkin karena hujan. Tapi ada saja mobil yang jadi korban,” ungkap Soni.


 

Sekitar pukul 23.00 WIB malam tersebut datang 2 mobil damkar untuk membersihkan ruas jalan yang tercemar tumpahan solar. Berikut mobil derek untuk mengevakuasi truk yang terperosok masuk kebun dan mobil yang masuk got.

“Pas pembersihan jalan tadi malam, arus kendaraan dilakukan sistem buka tutup, searah-searah. Ada petugas kepolisian dari Polres (Ciamis) yang mengatur arus kendaraan. Demikian juga waktu menderek mobil truk yang masuk kebun. Sekitar pukul 02.00 WIB Jumat (5/7/2024) dini hari, kondisi jalan sudah kembali normal,” tambahnya.

Sementara itu menurut Kabid  Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Ferry Rochwandi setelah mendapat laporan dari warga dan koordinasi dari Polres Ciamis, ada dua mobil damkar yang dikerahkan ke lokasi ruas jalan yang tercemar tumpahan solar di jalur jalan nasional Ciamis-Kawali, Kamis (4/7/2024) malam tersebut.

Yakni mobil pancar Z 9920 V dari UPT Mako Damkar dengan 3 petugas yakni Hendra, Irvan dan Suheri. Berikut mobil tangki air Z 8447 T dari Pos WMK Kawali juga dengan 3 orang petugas, masing-masing Angga, Arydy dan Tresna.

Pembersihan tumpahan solar di sepanjang jalan raya Ciamis-Kawali Km 9 tersebut dengan menggunakan busa deterjen dan semprotan air dari mobil Damkar.

“Banyak pihak yang terlibat pembersihan ruas jalan yang kena tumpahan solar tadi malam. Yakni petugas dari Polsek Cipaku, Polres Ciamis, aparat desa, relawan Tagana, serta warga sekitar lokasi,” ujar Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Ferry Rochwandi kepada iNewsCiamisRaya.id, Jumat (5/7/2024).

Menurut Fery, sekitar pukul 01.16 WIB Jumat (5/7/2024) dini hari pembersihan ruas jalan yang tercemar tumpahan solar selesai dilaksanakan. Dan arus kendaraan di jalan nasional jalur Ciamis-Kawali-Cirebon tersebut normal kembali.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network