Pegiat Lingkungan Pedal Gas Bersih-Bersih Sungai di Sejumlah Lokasi di Ciamis

Andri M Dani
Pegiat lingkungan Pedal Gas bersih-bersih sungai di sejumlah lokasi di Ciamis. Foto: Dok Pedal Gas

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Masih dalam rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Dunia, para pegiat lingkungan di Ciamis yang tergabung dalam Pedal Gas (Peduli Alam dan Lingkungan Galuh Asri) tancap gas bebersih sungai dan menanam pohon di sejumlah lokasi, Senin (1/7/2024).

Menurut pendiri sekaligus Koordinator Pedal Gas, Noer JM, lokasi bebersih sungai di bawah jembatan yang menjadi tapal batas Desa Gunung Cupu dan Desa Budiasih Kecamatan Sindangkasih, anak Sungai Citanduy.

“Ada sekitar 70 karung sampah yang berhasil diangkat dari sungai. Kebanyakan sampah rumah tangga yang dibuang ke sungai,” ujar Noer JM kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (2/7/2024).

Kegiatan bebersih sungai tersebut juga melibatkan aparat Kecamatan Sindangkasih, Kades Budiasih dan Kades Gunung Cupu serta jajarannya, anggota Polsek Cikoneng, pegiat Bank Sampah Al Iman. Juga melibatkan komunitas peduli lingkungan dari KPS Cireong, Kompenpo, Kawula dan pegiat lingkungan lainnya.

Usai “bebersih” sungai dilanjutkan dengan  penanaman pohon serta kegiatan edukasi (penyuluhan) tentang  konservasi dan lingkungan hidup  bagi peserta kemah bhakti PKBM Budi Utama di Lapangan Desa Pasirtamiang  Kecamatan Cihaurbeuti yang juga melibatkan aparat desa dan kecamatan setempat serta  petugas dari  BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis serta dari  BPBD Ciamis.

Kegiatan bebersih sungai  dan menanam pohon tersebut akan berlanjut sampai puncak peringatan Hari Sungai Nasional, Sabtu (27/7/2024) nanti. Dengan menyasar hulu Sungai Citanduy di seputaran kawasan kaki Gunung Sawal. Meliputi wilayah sungai (DAS) yang masuk Kecamatan Ciamis, Sadananya, Cikoneng, Cihaurbeuti, Cipaku dan Kecamatan Lumbung.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network