Periksa Kesehatan Hewan Kurban, Disnakan Kabupaten Ciamis Nyatakan 109 Ekor Sapi Tidak Lolos

Andri M Dani
Periksa kesehatan hewan kurban, Disnakan Kabupaten Ciamis nyatakan 109 ekor sapi tidak lolos. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Memasuki hari ketiga pemeriksaan kesehatan ternak menjelang hari raya Idul Adha (pemeriksaan ante mortem), Rabu (5/6/2024), dari 479 ekor sapi yang sudah diperiksa, ada 109 ekor sapi yang tidak lolos. Tidak memenuhi syarat atau tidak layak untuk jadi sapi kurban.

“Dari total 479 ekor sapi yang sudah diperiksa sampai kemarin (Rabu, 5/6/2024) ada 370 ekor sapi yang lolos pemeriksaan. Memenuhi syarat jadi sapi kurban. Lebihnya, sebanyak 109 ekor sapi tidak lolos,” ujar Ketua Tim Kerja Substansi (KKS) Kesmavet Disnakan Ciamis, Budiono SPt kepada iNewsCiamisRaya.id, Kamis (6/6/2024).

Dari 109 ekor sapi yang tidak lolos pemeriksaan atau tidak memenuhi syarat sebagai sapi kurban, menurut Budiono sebagian besar karena belum cukup umur (manjing).

“Dominan karena belum cukup umur. Tapi kami juga menemukan 2 ekor sapi betina produktif yang dipersiapkan jadi sapi kurban. Ada pula sapi yang sakit,” katanya.

Menjelang Idul Adha tahun 2024 ini, Disnakan Ciamis mempersiapkan 34 orang petugas Kesmavet untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ternak kurban. Termasuk 5 orang dokter hewan. Ke-34 orang petugas tersebut dibagi atas 6 tim yang disebar ke 5 wilayah kerja UPTD Disnakan untuk melakukan pemeriksaan ante mortem sejak Senin (3/5/2024) sampai H-1 Idul Adha. Kemudian berlanjut dengan pemeriksaan kesehatan ternak post mortem (pasca penyembelihan) mulai hari H Idul Adha sampai hari tasyrik.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network