Tong Sampah Otomatis Karya Siswa SDN 1 Sindangkasih Ciamis, Pintar dan Sopan

Andri M Dani
Tong sampah otomatis karya siswa SDN 1 Sindangkasih Ciamis. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Di tangan tiga orang siswa kelas VC SDN 1 Sindangkasih Ciamis dengan pendampingan dari guru pembimbingnya, tong sampah tak hanya lagi sekedar benda mati tempat membuang sampah-sampah yang tak berguna.

Namun, telah menjadi ajang inovasi dan kreativitas sekaligus wahana edukasi pendidikan tentang lingkungan hidup dan kesopanan (budi pekerti).

Ke-3 murid kelas VC SDN 1 Sindangkasih  yang dimaksud adalah Kaila Felovia, M Abda Tauladani dan Naufal Aji serta guru pembimbing, Winda SPd yang telah menggagas tong sampah yang secara otomatis bisa membuka sendiri saat ada yang akan membuang sampah. Dan mengucapkan “terima kasih” ketika sampah sudah dibuang masuk ke dalam tong sampah tersebut. Lantas tong sampahnya akan menutup sendiri juga secara otomatis.

“Ide awalnya dari lingkungan sekolah sendiri. Setiap hari banyak sampah yang berserakan. Sehingga kemudian muncul gagasan membuat tong sampah yang menarik dan sekaligus menghibur,” ungkap Winda SPd, guru pembimbing dari SDN 1 Sindangkasih Ciamis kepada iNewsCiamisRaya.id di arena Ekspo Pendidikan  yang digelar Disdik Ciamis, Rabu (5/6/2024).

Menurut Winda, ketiga murid kelas VC tersebut yakni Kaila, Abda dan Naufal yang pernah ikut pelatihan kelas robotik tersebut dengan berbekal  satu tong sampah yang bagian atas  ada penutupnya .

Kemudian dipasang alat sensor yang dihubungkan dengan listrik. Lewat sensor tersebut ketika ada orang lewat dan akan membuang sampah, tong sampah akan membuka bagian atasnya.

Lantas setelah sampah dibuang masuk ke dalam tong sampah, tong sampahnya mengeluarkan suara. Bilang, terima kasih.

“Begitu sampah masuk (ke dalam tong), Tong sampahnya, mengeluarkan suara. Bilang, terima kasih. Kemudian tong sampahnya akan menutup secara otomatis,” jelasnya.

Tong sampah pintar dan sopan tersebut kata Winda dibutuhkan waktu seminggu untuk merancangnya sampai selesai dan dipersiapkan untuk ikut lomba.

Alatnya memang sederhana, namun pesannya sangat mendalam. Mengajarkan anak didik tentang pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing terutama di lingkungan sekolah.

Berikut edukasi budi pekerti tentang kemuliaan ucapan terima kasih. Jangan lupa berterima kasih bagi mereka yang sudah berbuat baik.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network