Pergeseran Tanah di Ciamis Meluas, Puluhan Rumah Warga Retak-Retak

Andri M Dani
Pergeseran tanah di Ciamis meluas, puluhan rumah warga retak-retak. Foto: Dok BPBD Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id – Kejadian pergeseran tahan yang melanda Dusun Sukamaju, Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti dan Dusun Pamekaran,  Desa Payungagung, Panumbangan, Ciamis yang terjadi sejak Senin (29/4/2024) masih berlangsung dan aktif. Pergerakan tanah yang melanda pemukiman, sawah dan kebun tersebut terus meluas.

Sampai Rabu (1/5/2024) gempuran rengkahan tanah di Dusun/Desa Sukamaju Cihaurbeuti yang dipicu hujan deras dan getaran gempa tersebut sudah mengancam 32 rumah. Halaman rumah, dinding, lantai retak-retak.

BPBD Ciamis mendata sebanyak 13 KK atau 44 jiwa terpaksa mengungsi. Sebanyak 8 KK (23 jiwa) mengungsi ke musola setempat dan 5 KK (21 jiwa) mengungsi ke rumah kerabat masing-masing.

Gelombang pengungsian akibat teror gempuran tanah rengkah tersebut sudah terjadi sejak pukul 17.00 WIB Senin (29/4/2024) sore lalu.

“Lokasi pengungsiannya di mushola di Dusun Sukamaju RT 05 RW 02 Desa Sukamaju,” ujar Kalak BPBD Ciamis, Ani Supiani ST Msi, Rabu (1/5/2024).

Untuk korban gempuran rengkahan tanah di Desa Sukamaju ini menurut Ani sudah didistribusikan bantuan berupa 22 paket sembako, 22 selimut, 22 matras untuk warga yang mengungsi (13 KK atau 44 jiwa).

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network