Seleksi Tenaga Administrasi Dinilai Tidak Adil, Ini Tanggapan Sekretaris KPU Kota Banjar

Budiana Martin
Seleksi tenaga administrasi dinilai tidak adil, ini tanggapan Sekretaris KPU Kota Banjar. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjar dinilai memberikan perlakuan istimewa terhadap tenaga Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang mengikuti seleksi Tenaga Administrasi tingkat kabupaten/kota.

Pasalnya, KPU Kota Banjar mengusulkan sebanyak 25 pelamar tenaga administrasi ke KPU Provinsi Jawa Barat, 3 diantaranya tidak lulus karena tidak memenuhi syarat kualifikasi pendidikan minimal D3 semua jurusan.

Kendati demikian, panitia seleksi KPU Kota Banjar tetap mengusulkan 25 pelamar meskipun tiga pelamar sebelumnya dinyatakan tidak lulus tahapan administrasi.

Bahkan, peserta yang lolos menjadi tenaga administrasi KPU Kota Banjar itu salah satu pelamar yang dinyatakan tidak lulus tahap sebelumnya karena lulusan SMA.

Salah satu peserta penerimaan Tenaga Administrasi KPU Kota Banjar, Muhamad Sihabudin mengaku merasa keberatan atas hasil seleksi yang dinilai tidak fair atau tidak adil.

Sihabudin mengatakan langkah-langkah seperti ini dinilai cacat administrasi dimana seleksi penerimaan Tenaga Administrasi KPU Kota Banjar terkesan tidak ada keterbukaan informasi.

"Saya selaku salah satu peserta penerimaan Tenaga Administrasi peruntukan Sekretariat KPU Kota Banjar," katanya kepada iNewsCiamisRaya.id, Rabu (6/3/2024).

"Kami menyatakan keberatan atas putusan No. 4/SDM.02-Pu/32/2024 dengan telah meluluskan peserta yang tidak memenuhi syarat administrasi," kata Sihabudin menambahkan.

Ia berharap KPU Provinsi Jabar bisa mempertimbangkan kembali atas putusan yang dinilai tidak fair bagi peserta lainnya.

"Kami berharap pihak terkait dapat mencabut kembali putusan tersebut sebagaimana mestinya dan dapat lebih fair dalam memutuskan," ujarnya.

Sekretaris KPU Kota Banjar Wawan Cahyana membenarkan terkait lolosnya pelamar yang sebelumnya dinyatakan tidak lulus dalam tahapan administrasi menjadi tenaga administrasi.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network