Dalam Sehari Ratusan Rumah di Ciamis Diterjang Amukan Hujan Badai dan Angin Kencang

Andri M Dani
Dalam sehari ratusan rumah di Ciamis diterjang amukan hujan badai dan angin kencang. Foto: Dok Pusdalops BPBD Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Hujan badai disertai angin kencang yang melanda Ciamis Senin (26/02/2024)  sore sekitar pukul 16.30 WIB setidaknya telah merusak 157 rumah yang tersebar di 8 desa di 5 kecamatan.

“Paling banyak di Kecamatan Sadananya. Meliputi 3 desa yakni Desa Mangkubumi, Werasari dan Desa Bendasari,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis R Memet Hikmat kepada iNewsCiamisRaya.id, Selasa (27/02/2024).

Berikut Desa Cisadap (1 rumah) Kecamatan Ciamis, Desa Sindangsari (1 rumah) Kecamatan Cikoneng, Desa Padaringan (1 rumah)  Kecamatan Purwadadi. Serta Desa Cisontrol (2 rumah) dan Desa Dadiharja (4 rumah) Kecamatan Rancah.

Paling banyak di Kecamatan Sadananya yakni 146 rumah yang terdampak tersebar di 3 desa yakni Desa Mangkubumi, Bendasari dan Desa Werasari.    

Untuk penanganan dan assesment dampak kejadian angin puting beliung tersebut BPBD Ciamis telah mengerahkan seluruh (24 orang) petugas Pusdalopsnya yang terbagi ke 8 desa yang kena sapu angin kencang, Senin (26/02/2024) sore tersebut.

Dari 157 rumah yang terdampak angin puting beliung di 5 kecamatan tersebut menurut Memet ada 26 rumah yang butuh penanganan. Terutama untuk mengevakuasi pohon yang menimpa rumah korban.

“Sampai sore menjelang magrib tadi 24 rumah sudah tertangani. Tinggal 2 rumah lagi. Karena kondisi cuaca, hujan deras turun dan lokasi mulai gelap menjelang malam,” katanya.

Dari 24 rumah yang harus mendapat penanganan (terutama evakuasi pohon tumbang yang menimpa rumah) tersebut sebanyak 15 rumah di Sadananya. Diantaranya 13 rumah sudah tertangani tinggal 2 rumah lagi direncanakan besok (Rabu, 28/02/2024) penanganannya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network