Kembali Beroperasi, Penumpang KA Pangandaran Relasi Banjar-Gambir di Stasiun Ciamis Terus Meningkat

Andri M Dani
Penumpang KA Pangandaran Relasi Banjar-Gambir di Stasiun Ciamis terus meningkat. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

Dari 15 penumpang KA Pangandaran yang naik di Stasiun Ciamis untuk pemberangkatan jam 17.18 WIB Jumat (26/01/2024) sore menjelang magrib tersebut dari boarding penumpang diketahui  1 rombongan keluarga (4 orang), 2 pasangan suami-istri, juga ada mahasiswa, pelaku bisnis serta seorang pejabat/APH dengan tujuan Bandung dan Jakarta. Sementara 1 penumpang kereta panoramic adalah seorang ibu-ibu.

Peluncuran kembali KA Pangandaran berlangsung di Stasiun Garut pada hari Rabu (24/01/2024) untuk melayani penumpang dengan perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Stasiun Banjar. Begitu juga sebaliknya (PP).

Dengan rute perjalanan dengan stasiun yang disinggahi (berhenti menaikkan dan menurunkan penumpang). Mulai Stasiun Banjar-Stasiun Ciamis-Stasiun Tasikmalaya-Stasiun Cipeundeuy-Stasiun Cibatu-Stasiun Leles-Stasiun Kiaracondong-Stasiun Bandung-Stasiun Cimahi-Stasiun Bekasi-Stasiun Gambir (Jakarta). Begitu juga sebaliknya. 

KA Pangandaran dengan kapasitas total 508 tempat duduk tersebut menjadi pilihan bagi warga Tatar Galuh Ciamis yang hendak bepergian. Maupun penumpang dengan tujuan Ciamis, misalnya untuk  melancong (wisata), mengunjungi keluarga, perjalanan bisnis maupun kerja.

Rute perjalanan KA Pangandaran mulai dari Stasiun Banjar-Stasiun Bandung-Stasiun Gambir (PP) dengan lama perjalanan 7 jam 54 menit.

Perjalanan KA Pangandaran dari Stasiun Gambir (Jakpus) tujuan Stasiun Banjar tiba di Stasiun Ciamis pukul 16.02 WIB sore. Setelah berhenti dan menurunkan penumpang di Stasiun Ciamis kemudian KA Pangandaran melanjutkan perjalanan ke tujuan terakhir Stasiun Banjar.

Sementara pemberangkatan penumpang KA Pangandaran dari Stasiun Ciamis menuju Stasiun Gambir setiap hari jam 17.18 WIB sore.

Tarif KA Pangandaran kelas eksekutif Rp296.000 per penumpang, kelas ekonomi premium Rp180.000. Sedangkan tarif kereta panoramic relasi Ciamis-Bandung Rp425.000 per penumpang serta Rp550.000 untuk relasi Ciamis-Gambir.

Menurut Ayep, tarif kereta panoramic KA Pangandaran tersebut sama setiap hari baik weekday maupun weekend.

Naik kereta kelas panoramic KA Pangandaran bisa menikmati keindahan alam Tatar Parahyangan nan indah. Sekaligus menikmati sensasi melintas di atas Jembatan Cirahong menjelang senja.

Karcis KA Pangandaran untuk semua kelas layanan penumpang tersebut bisa didapat langsung ke stasiun atau diakses melalui aplikasi Access by KAI, atau kanal resmi yang bekerjasama dengan PT KAI. 

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network