Cerita Ki Banteng Loreng yang Melegenda di Kota Banjar, Berilmu Tinggi Penjaga Desa Cibeureum

Budiana Martin
Cerita Ki Banteng Loreng yang melegenda di Kota Banjar, berilmu tinggi penjaga Desa Cibeureum. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Kota Banjar merupakan wilayah paling timur di Provinsi Jawa Barat. Daerah yang memiliki sebutan Kota Idaman ini tidak berbeda dengan daerah lainnya, dimana memiliki banyak cerita rakyat.

Bahkan, cerita rakyat di Kota Banjar tidak pernah terkikis dan tetap melekat di masyarakat. Salah satunya tentang cerita 'Ki Banteng Loreng'.

Ki Banteng Loreng merupakan sosok pengayom dan pelindung bagi masyarakat di Kota Banjar, khususnya Desa Cibeureum.


 

Menurut cerita Kepala Desa Cibeureum, Yayan Sukirlan, Ki Banteng Loreng adalah seorang tokoh bernama Kyai Kholiludin atau yang sering dikenal dengan sebutan Eyang Jaga Lama.

Beliau merupakan seorang tokoh atau sesepuh berilmu tinggi yang memiliki jiwa kewibawaan dan kebijaksanaan dalam melindungi masyarakat.

"Eyang Jaga Lama juga dikenal sebagai tokoh asal Kota Banjar yang kaya raya karena beliau merupakan pengusaha pedang dan tombak untuk memenuhi pesanan kerajaan di Nusantara," katanya kepada iNewsCiamisRaya.id, Senin, (27/11/2023).

Proses penyepuhan senjata pedang dan tombak dilakukan Eyang Jaga Lama di tempat menggembala kerbau miliknya yang saat ini diabadikan menjadi bentuk makam (petilasan).

Penyepuhan senjata tempat Eyang Jaga Lama membuat produksinya itu pun berdekatan dengan Sumur Siuk Ciloa yang konon airnya tak pernah kering sampai sekarang.

"Bukti-bukti tersebut lah yang menambah warga meyakini bahwa cerita rakyat Eyang Jaga Lama memang benar adanya," ucapnya.

"Sehingga warga Kota Banjar khususnya Desa Cibeureum sangat bangga dan mempercayai sosok tokoh yang melegenda itu yang melindungi dan mengayominya," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network