6 Warisan Genetik yang Bakal Diturunkan Ibu pada Anaknya, Salah Satunya Kebiasaan Makan

Eni Pepin Lusiani
Warisan genetik yang bakal diturunkan ibu pada anaknya. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada pepatah buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, hal itu menggambarkan bahwa sifat dan perilaku anak seringkali diwarisi dari orangtua mereka.

Karakter yang paling dominan diturunkan dan akan membentuk sifat-sifat anak berasal dari seorang ibu. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika seorang anak akan menunjukkan sifat yang mirip dengan ibunya, dimana sang ayah harus menghadapi dua orang yang berbeda dengan sifat yang hampir mirip.

Penasaran, apa saja warisan genetik yang bakal diturunkan ibu pada anaknya? Dilansir dari berbagai sumber, simak rangkuman berikut ini.

Warisan Genetik yang Bakal Diturunkan Ibu pada Anaknya

1. Ingatan

Kekuatan untuk mengingat atau daya ingat akan diturunkan seorang ibu kepada anak-anaknya melalui DNA yang ada. Bahkan, ada penelitian menunjukkan bahwa paparan stres kronis atau trauma parah yang dialami oleh ibu dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan mental pada keturunannya melalui DNA tersebut.

2. Warna Rambut

Gen ibu ternyata berkontribusi dalam mengendalikan protein untuk membentuk warna rambut. Gen-gen ini memainkan peran dalam mengendalikan produksi melanin, yang pada gilirannya mempengaruhi warna rambut seorang anak.

3. Kecerdasan

Kecerdasan seorang ibu diturunkan kepada anak laki-lakinya, sedangkan anak perempuan mewarisi kecerdasan dari kedua orang tuanya. Jika seorang ibu adalah seseorang yang terbilang cerdas, pada umumnya anak laki-lakinya juga akan cerdas.

4. Kebiasaan Tidur

Jika Anda melihat si kecil memiliki kebiasaan tidur yang mirip dengan ibunya, tentu saja hal ini dipengaruhi oleh faktor genetik yang diwarisi dari sang ibu. Jadi jangan kaget.

5. Kebiasaan Makan

Selera makan ibu selama hamil ternyata juga dapat mempengaruhi selera makan anak. Paparan pada berbagai rasa dan makanan selama kehamilan dapat mempengaruhi preferensi makanan anak di kemudian hari. Oleh karena itu, seorang ibu harus memiliki selera makan yang sehat selama kehamilan sehingga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan anak.

6. Kemampuan Bermusik

Kemampuan bermusik juga merupakan warisan genetik yang diturunkan seorang ibu kepada anaknya. Meskipun seseorang memiliki kecenderungan genetik untuk kemampuan bermusik, namun bakat tersebut memerlukan latihan dan eksplorasi yang berkelanjutan untuk berkembang.

Itulah enam warisan genetik yang bakal diturunkan ibu pada anaknya. Semoga bermanfaat.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network