4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, Nomor 3 Stadion Khusus Sepakbola Terbesar di Asia

Maulana Yusuf/Eni Pepin Lusiani
Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia. Foto: PSSI

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada 4 stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia menarik untuk dibahas. Pasalnya, Piala Dunia U-17 2023 akan dilangsungkan di Indonesia yaitu dari tanggal 10 November hingga 2 Desember 2023.

Piala Dunia U-17 2023 akan diikuti oleh 24 negara, termasuk Timnas Indonesia U-17 sebagai tuan rumah. Mereka dibagi menjadi enam grup, masing-masing grup diisi empat negara. Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup A bersama Ekuador, Maroko, dan Panama.

Sementara itu, di Grup B ada Spanyol, Kanada, Mali, dan Uzbekistan, Grup C diisi oleh Brasil, Iran, Kaledonia Baru, dan Inggris. Kemudian, Grup D dihuni Jepang, Polandia, Argentina, dan Senegal, Grup E yaitu Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat, serta Grup F ada Meksiko, Jerman, Venezuela, dan Selandia Baru.

Ada empat stadion yang telah siap digunakan untuk menggelar pertandingan-pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Keempat stadion tersebut yakni Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Manahan (Solo), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia

1. Stadion si Jalak Harupat


 

Stadion Si Jalak Harupat berlokasi di Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sejak 2009, Persib Bandung, salah satu klub sepak bola terkenal di Indonesia mulai memainkan laga kandangnya di sini. Stadion yang memiliki kapasitas sekitar 30.100 orang ini sekarang menjadi kandang dari Persikab Kabupaten Bandung.

Stadion si Jalak Harupat pernah dipakai sebagai venue Asian Games 2018. Kini, stadion ini akan menjadi tempat bertanding bagi Grup D (Jepang, Argentina, Polandia, dan Senegal) dan Grup F (Meksiko, Jerman, Venezuela, dan Selandia Baru) di Piala Dunia U-17 2023.

2. Stadion Gelora Bung Tomo


 

Menurut laman Wikipedia, Stadion Gelora Bung Tomo punya kapasitas sekitar 45.000 penonton dan dibangun pada tahun 2008. Stadion ini terletak di Benowo, Surabaya, Jawa Timur. Stadion Gelora Bung Tomo akan menjadi salah satu venue penting dalam penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023. Selain menjadi tempat pertandingan, stadion ini juga akan menjadi lokasi untuk acara pembukaan (opening ceremony) pada Jumat, 10 November 2023.

Setelah opening ceremony, Stadion Gelora Bung Tomo akan menggelar laga perdana Timnas Indonesia U-17 vs Ekuador pada pukul 19.00 WIB. Semua laga Timnas Indonesia U-17 di fase Grup A bersama Ekuador, Panama, dan Maroko akan dimainkan di stadion ini.

3. Jakarta International Stadium (JIS)


 

Jakarta International Stadium merupakan stadion dengan atap yang bisa dibuka yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta. Stadion ini mempunyai kapasitas tempat duduk 82.000 penonton, menjadikannya stadion terbesar di Indonesia dan stadion khusus sepakbola terbesar di Asia.

Pada Piala Dunia U-17 2023, Jakarta International Stadium akan digunakan pertama kalinya untuk menyelenggarakan kompetisi sepakbola internasional sejak dibangun pada 2019. JIS akan menjadi venue Grup C (Brasil, Iran, Kaledonia Baru, dan Inggris), dan Grup E (Prancis, Burkina Faso, Korea Selatan, dan Amerika Serikat).

Pelatih Timnas Brasil U-17, Phelipe Leal, mengaku kagum melihat kemegahan Jakarta International Stadium alias JIS setelah melakukan inspeksi langsung. Bahkan, Juru taktik 36 tahun tersebut menyebut JIS sebagai stadion yang gila karena kemegahannya.

“Ini sangat gila. Ini adalah stadion yang besar, punya keindahan dan saya sangat kaget mereka bisa membuat stadion seperti ini,” kata Phelipe Leal saat melihat kemegahan stadion di Indonesia.

“Saya baru pertama kali datang ke Indonesia, awalnya saya tidak sempat cari tahu di stadion mana kami akan bermain. Saya pikir mereka tidak punya persiapan yang matang untuk jadi tuan rumah. Tapi, saya melihat kalau mereka punya keseriusan yang kuat,” tutupnya.

4. Stadion Manahan


 

Stadion Manahan terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Stadion ini dibuka pada 21 Februari 1998. Saat ini sebagian besar digunakan untuk pertandingan sepakbola dan digunakan sebagai kandang Persis Solo. Stadion Manahan sekarang menampung 20.000 penonton setelah direnovasi.

Stadion Manahan akan menjadi venue pertandingan Grup B yang terdiri dari Spanyol, Kanada, Mali, dan Uzbekistan. Stadion ini juga akan dipakai untuk menyelenggarakan laga semifinal, perebutan peringkat tiga, dan final.

Itulah empat stadion yang akan digunakan pada gelaran Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "4 Stadion Piala Dunia U-17 2023 Indonesia, Nomor 1 Disebut Gila oleh Pelatih Timnas Brasil U-17!"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network