Profil Jay Idzes Bek Venezia, Pemain Naturalisasi yang Akan Perkuat Timnas Indonesia

Eni Pepin Lusiani
Profil Jay Idzes bek Venezia, pemain naturalisasi yang akan perkuat Timnas Indonesia. Foto: Instagram

Perjalanan Karier Jay Idzes di Level Klub

Sebelum bergabung dengan klub Venezia, Jay Idzes mengembangkan kemampuannya di dunia sepak bola di akademi lokal Belanda bernama Mifano. Setelah itu, ia bermain di akademi VVV-Venlo dan Helmond Sports pada tahun 2014.

Setelah menghabiskan dua musim di akademi VVV-Venlo dan Helmond Sports, Jay Idzes memutuskan untuk pindah ke akademi FC Eindhoven. Bersama klub itu, ia bermain untuk tim U-17 dan U-19.

Setelah bermain di tim U-17 dan U-19 FC Eindhoven, Jay Idzes dipromosikan ke tim senior pada musim 2017-2018. Pada debut profesionalnya, bek bertinggi 1,90 m ini bermain dalam pertandingan melawan FC Oss di Eredivisie Kasta Kedua. Pertandingan tersebut berakhir dengan skor imbang 1-1.

Musim kedua Jay Idzes di FC Eindhoven dianggap sebagai musim terbaiknya. Pada musim tersebut, ia tampil sebanyak 33 kali dalam berbagai pertandingan. Namun, di akhir musimnya tersebut timnya harus puas berada di peringkat ke-14 dalam klasemen akhir dan gagal meraih promosi ke Eredivisie.

Pada musim terakhir Jay Idzes di FC Eindhoven, yaitu pada 2019-2020, timnya sekali lagi gagal naik kasta ke liga sepak bola tertinggi di Belanda. FC Eindhoven berakhir di peringkat ke-13 dalam klasemen akhir.

Selanjutnya, Jay Idzes menerima penawaran untuk bergabung dengan Go Ahead Eagles pada musim 2020-2021. Selama tiga musim bermain di klub tersebut, yang dikenal sebagai The Pride of the Ijseel, Jay Idzes tampil sebanyak 93 kali, mencetak 3 gol, dan memberikan 5 assist. Idzes berhasil antarkan tim yang bermarkas di De Adelaarshorst Stadium itu menempati peringkat ke-2 dalam klasemen. Yang berarti mengantarkan timnya bermain di Eredivisie untuk musim 2021-2022.

Di musim debut Go Ahead Eagles di Eredivisie, penampilan mereka tidak memuaskan. Tim yang dilatih oleh Kees van Wonderen tersebut menempati peringkat ke-13 dalam klasemen akhir. Mereka berhasil mengumpulkan 36 poin dari 10 kemenangan, 6 hasil imbang, dan 18 kekalahan.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network