10 Pimpinan Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia, Ada Tetangga Indonesia

Eni Pepin Lusiani
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mendapat gaji tertinggi mencapai Rp24 miliar setahun. Foto: Reuters

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada 10 pimpinan negara yang memiliki gaji tertinggi di dunia, menarik untuk diulas. Gaji pemimpin negara seperti presiden dan perdana menteri memang sering kali cukup tinggi dan mereka juga mendapatkan fasilitas yang fantastis.

Meskipun demikian, tidak semua negara di dunia memiliki gaji tertinggi untuk pemimpin negaranya. Menariknya, deretan 10 negara dengan gaji tertinggi untuk pemimpin negara tidak didominasi oleh negara-negara di Eropa.

Menurut laporan dari 9News, Rabu (30/8/2023), gaji tertinggi yang diperoleh seorang pemimpin negara mencapai Rp24 miliar dalam setahun. Angka tersebut menunjukkan jumlah yang sangat besar dan menegaskan bahwa beberapa pemimpin negara memang mendapatkan gaji yang sangat tinggi.

Singapura dan Australia adalah dua negara tetangga Indonesia yang termasuk dalam deretan negara dengan gaji tertinggi untuk pemimpin negara.

Penasaran, siapa saja pimpinan negara yang memiliki gaji tertinggi di dunia? Berikut ini data gaji tertinggi pemimpin dunia dari World Population Review.

Pimpinan Negara dengan Gaji Tertinggi di Dunia

1. Singapura

Singapura berada diurutan pertama yang memiliki gaji tertinggi untuk pemimpin negaranya. Perdana Menteri Singapura menerima gaji sebesar 1,6 juta dollar AS (Rp24 miliar) per tahun. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk meningkatkan produktivitas dan mengatasi korupsi di negara tersebut.

2. Hong Kong

Kepala eksekutif Hong Kong menduduki peringkat kedua dalam daftar negara dengan gaji tertinggi untuk pemimpin negara. Gaji kepala eksekutif Hong Kong sekitar 568.400 dolar AS (Rp8,6 miliar) per tahun.

Meskipun sekarang memiliki ketergantungan yang lebih besar pada Beijing, Hong Kong masih mempertahankan kepemimpinan independennya dalam beberapa aspek pemerintahan dan ekonomi.

3. Swiss

Selanjutnya, pemimpin Swiss menerima gaji sekitar 495.000 dolar AS (Rp7,5 miliar) per tahun. Swiss dikenal dengan kestabilannya dan menjadi tujuan strategis dalam hubungan global.

4. Amerika Serikat

Gaji Presiden Amerika Serikat saat ini adalah sekitar 400.000 dolar AS (Rp6 miliar) per tahun. Meskipun gaji ini tidak menduduki peringkat tertinggi di dunia, jumlahnya tetap merupakan jumlah yang besar.

5. Australia

Perdana Menteri Australia mendapatkan gaji sebesar 382.027 dolar AS per tahun. Selain Perdana Menteri, anggota parlemen Australia juga diakui sebagai beberapa yang paling mendapatkan kompensasi di dunia. Anggota parlemen Australia menerima gaji yang cukup besar dan juga mendapatkan tunjangan dan fasilitas lainnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network