Waspada! Honda BeAT dan Vario Jadi Incaran Maling, Ini 5 Tips Mencegah Pencurian Sepeda Motor

Muhamad Fadli Ramadan/Eni Pepin Lusiani
Waspada! Honda BeAT dan Vario sering jadi incaran maling. Foto: Istimewa

3. Tambahkan sistem pengaman

Menambahkan sistem pengaman di motor seperti menggunakan alarm sangat efektif untuk menghindari pencurian. Dengan alarm maka masalah pencurian motor tidak perlu dikhawatirkan lagi. Apabila motor akan dicuri, maka alarm akan berbunyi dengan keras.

Alarm akan berbunyi apabila motor mengalami guncangan pada aksi pencurian, seperti lubang kunci yang dibobol atau stang yang dibuka dengan paksa. Dengan alarm, maka pencuri akan mengurungkan niatnya untuk mencuri motor.

4. Pastikan pagar rumah atau pintu rumah terkunci dengan baik

Apabila lingkungan rumah tergolong sepi, pastikan pagar terkunci dengan baik. Jika motor diletakkan di dalam rumah, maka kunci pintu rumah dengan benar.

Pemilik tetap harus waspada, karena tindak kriminal saat ini tidak peduli siang ataupun malam ketika melakukan aksinya. Maka dari itu, saat sudah memasuki rumah pastikan kembali pagar dan pintu rumah terkunci dengan baik.

5. Hindari terlalu sering meminjamkan motor

Meminjamkan sepeda motor menjadi hal yang sering dilakukan, ini merupakan salah satu cara menolong sesama. Namun, sebaiknya tidak terlalu sering meminjamkan motor meski kepada orang yang terpercaya.

Pasalnya, motor tersebut nantinya akan dijadikan sasaran pencurian baik yang meminjam motor tersebut maupun pelaku lainnya. Atau, bahkan peminjam tidak menjaga motor dengan baik sehingga rawan pencurian.

Itu merupakan beberapa cara efektif untuk mencegah terjadinya pencurian motor yang bisa Anda lakukan. Penting untuk diperhatikan bahwa jangan sampai Anda ceroboh meletakkan motor sembarangan atau memarkirkannya di tempat yang tanpa pengawasan.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Honda BeAT dan Vario Banyak Diincar Maling, Simak 5 Cara Mencegah Pencurian"

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network