Gerhana Matahari Hibrida Terjadi Besok, Waktunya Berlangsung Selama 3 Jam 5 Menit

Arief Setyadi/Eni Pepin Lusiani
Ilustrasi gerhana matahari. Foto: Times of india

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Indonesia akan mengalami Gerhana Matahari Hibrida besok, Kamis 20 April 2023. Perkiraan waktunya akan berlangsung selama selama 3 jam 5 menit.

Mulai dari durasi kontak awal hingga akhir jika diamati dari Biak, dengan durasi fase tertutup total 58 detik, Gerhana Matahari Hibrida ini akan berlangsung selama 3 jam 5 menit.

Berdasarkan informasi dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), fenomena ini terjadi ketika dalam satu waktu fenomena gerhana ada daerah yang mengalami Gerhana Matahari Total dan ada pula yang mengalami Gerhana Matahari Cincin (tergantung dari lokasi pengamat).

Sementara itu, jika diamati dari Jakarta, durasi dari kontak awal hingga akhir adalah 2 jam 37 menit. Kemudian, jika diamati dari Jakarta, persentase tertutupnya matahari hanya sebesar 39%.

BRIN mengajak rekan media untuk bersama-sama menyaksikan fenomena ini melalui pengamatan langsung yang akan dilakukan dari BRIN Biak dan disiarkan secara langsung melalui Youtube BRIN Indonesia, besok pukul 10.00 WIB/11.00 WIta/12.00 WIT.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "Besok Ada Gerhana Matahari Hibrida, Durasinya Berlangsung Selama 3 Jam 5 Menit"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network