Unik! Penemuan Ular Eksotik Bermata Oranye yang Diberi Nama Leonardo DiCaprio

Wasis Wibowo/Eni Pepin Lusiani
Ular pemakan siput ini mendapatkan nama Sibon irmelindicaprioae dari aktor dan konservasionis Leonardo DiCaprio. Foto: Live Science

PANAMA CITY, iNewsCiamisRaya.idPenemuan ular di puncak gunung hutan Panama yang dingin terdapat lima spesies ular baru yang eksotis. Salah satunya diberi nama aktor Hollywood terkenal, yaitu Leonardo DiCaprio yang memiliki ciri khas matanya berwarna oranye.

Ular eksotis tersebut memiliki sisik berwarna merah bara api dan mata bulat seperti menyala bak bara api. Ular pemakan siput (Sibon irmelindicaprioae) ini akan segera dinamai DiCaprio.

Aktor Leonardo DiCaprio adalah seorang konservasionis yang memberikan nama untuk ular pemakan siput ini dengan sebutan Sibon irmelindicaprioae. Aktor yang berperan dalam film Titanic ini meminta agar ular bermata oranye itu juga dinamai dengan nama ibunya, Irmelin Indenbirken.

Ular DiCaprio memiliki panjang sekitar 38 cm dan beraktivitas pada malam hari di atas daun palem setinggi 3 meter di atas tanah untuk mencari siput. Ular DiCaprio membela diri bukan dengan menggigit, tetapi melingkari kepalanya secara protektif dan mengeluarkan bau busuk.

“Spesies ular baru ini hanyalah puncak gunung es dalam hal penemuan spesies baru di wilayah ini," kata Alejandro Arteaga, Presiden dan Direktur Penelitian Khamai Foundation, organisasi nonpemerintah yang berfokus pada konservasi, dikutip dari laman Live Science, Kamis (2/2/2023).

Dalam sebuah studi baru, para peneliti mendeskripsikan spesies ular baru tersebut merayap di antara semak belukar di kaki bukit hutan Panama. Termasuk, salah satu spesies baru ular DiCaprio yang ditemukan di hutan Amerika Tengah dan Selatan.

Habitat ular ini terancam hilang dengan beroperasi penambangan emas dan tembaga di wilayah tersebut. “Jika penambangan ilegal berlanjut, mungkin tidak ada peluang untuk menemukan spesies ini di masa depan,” ujarnya.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network