Wabup Ciamis Yana D Putra Klaim Angka Kemiskinan dan Stunting di Ciamis Turun

Muhamad Iqbal
Wabup Ciamis Yana D Putra Klaim Angka Kemiskinan dan Stunting di Ciamis Turun. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Muhamad Iqbal

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menyebut jika Kabupaten Ciamis mengalami penurunan stunting dan kemiskinan. Hal tersebut sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia untuk menurunkan angka kemiskinan ekstrem hingga mencapai target 0 persen pada tahun 2024 mendatang.

Yana D Putra mengatakan, angka stunting di Kabupaten Ciamis mengalami penurunan sebesar 1,5 persen dari tahun sebelumnya. Di mana pada 2022 berada pada angka 3,4 persen.

Terkait dengan kasus balita dengan berat badan kurang (Underweight), Stunting dan Wasting (Gizi Buruk dan Gizi Kurang), lanjut Yana, dari 2021 ke 2022 terjadi penurunan masing-masing sebanyak 0,3 persen, 1,5 persen, dan 0,5 persen.

“Keberhasilan capaian penekanan angka tersebut tidak lepas dari kerjasama dan sinergitas lintas sector, di antaranya dengan melibatkan 10 OPD di Kabupaten Ciamis," kata Yana, Sabtu (21/1/2023).

Menurutnya, beberapa inovasi yang telah dilaksanakan dalam menurunkan angka stunting yaitu Pendampingan Khusus Keluarga Balita Nalnutrisi (PAKU BESI), Sistem Informasi Kesehatan Remaja Halo Cinta (SI KEREN HALO CINTA) dan Gerakan Bersama Cegah Stunting Masyarakat Ciamis (GERABAH STUNTING MANIS).

Sedangkan untuk penanganan kemiskinan di Kabupaten Ciamis, Yana menuturkan, terjadi penurunan dari 2021 dari angka 7,97 persen menjadi 7,72 persen di 2022.

“Hal tersebut tentu tidak lepas dari upaya-upaya kita pemerintah daerah seperti di antaranya biaya kesehatan gratis bagi warga tidak mampu, pemberian beasiswa bagi siswa dari keluarga yang tidak mampu, peningkatan akses pelayanan dasar, operasi pasar murah, pelatihan kelembagaan kelompok UMKM penerima bantuan sosial dan lainnya," pungkasnya.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network