5 Benda Paling Besar di Alam Semesta, Nomor 3 Bintang Terbesar Berukuran 1.700 Kali Matahari

Wasis Wibowo
Benda Paling Besar di Alam Semesta. Foto: LiveScience/NASA

3. Bintang Terbesar, UY Scuti

UY Scuti adalah bintang hypergiant dengan radius sekitar 1.700 kali lebih besar dari matahari. Ini menjadikan UY Scuti sebagai bintang terbesar yang diketahui di alam semesta.

Jika seseorang menempatkan UY Scuti di pusat tata surya, ujungnya akan melampaui orbit Jupiter. Gas dan debu yang mengalir dari bintang akan meluas lebih jauh, melampaui orbit Pluto, atau sekitar 400 kali jarak Bumi-matahari.

4. Nebula Terbesar, Nebula Tarantula

Nebula terbesar yang diketahui dan wilayah pembentuk bintang paling aktif di lingkungan galaksi kita, adalah Nebula Tarantula yang membentang lebih dari 1.800 tahun cahaya pada rentang terpanjangnya.

Nebula Tarantula juga dikenal sebagai 30 Doradus, objek ini terletak 170.000 tahun cahaya dari Bumi di Awan Magellan Besar, sebuah galaksi satelit kecil yang mengorbit Bima Sakti kita. Alih-alih arakhnida pembunuh, Tarantula ini adalah pembibitan bintang, di dalam lipatan gas dan debunya yang indah, bintang-bintang muda sedang lahir.

5. Galaksi Terbesar, IC 1101

Galaksi Bima Sakti kita memiliki lebar sekitar 100.000 tahun cahaya, tapi itu cukup rata-rata untuk galaksi spiral. Sebagai perbandingan, galaksi terbesar yang diketahui, disebut IC 1101, berukuran 50 kali lebih besar dan sekitar 2.000 kali lebih masif dari galaksi kita.

Membentang selama 5,5 juta tahun cahaya yang mengesankan, IC 1101 sangat besar. Jadi jika ditempatkan di tempat Bima Sakti sekarang, ujungnya akan melampaui tetangga galaksi terdekat kita, Andromeda.

Demikianlah ulasan mengenai benda paling besar di alam semesta ini. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com dengan judul " 5 Benda Terbesar di Alam Semesta, Bintang Paling Besar Berukuran 1.700 Kali Matahari "

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network