4 Rumah di Panawangan Ciamis Tertimpa Longsor dan 51 Terancam, 9 Keluarga Ngungsi

Muhamad Iqbal
4 Rumah di Panawangan Ciamis Tertimpa Longsor dan 51 Terancam, 9 Keluarga Ngungsi

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Empat rumah terdampak tanah longsor di Dusun Legok, Desa Indragiri, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Kamis (8/12/2022). Tak hanya itu, 51 rumah warga juga terancam longsor.

Longsor yang menimpa 4 rumah dan mengancam 51 rumah tersebut akibat intensitas hujan tinggi yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis. 

Dampak dari tanah longsor tersebut, 9 keluarga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman. Mereka ada yang mengungsi ke tetangga dan saudara yang jeraknya terbilang cukup jauh dan aman dari lokasi longsor. 

Sejauh ini, tidak ada laporan mengenai adanya korban jiwa maupun luka. 

Salah seorang warga terdampak longsor, Mumun (49) mengatakan, pada pekan sebelumnya telah terjadi longsoran kecil. Namun, intensitas hujan yang tinggi dan terus menerus membuat lahan perkebunan warga kembali longsor dan menimpa sejumlah rumah warga yang berada di belakangnya. 

"Kejadiannya hari Kamis sore, saya ngungsi malam Jumat ke rumah orangtua yang tempatnya tidak jauh," kata Mumun.

Menurutnya, kejadian longsor kali pertamanya tersebut membuat Mumun khawatir, mengingat curah hujan pada pekan ini masih terjadi terus-menerus.

"Ya khawatir, takutnya ada longsor susulan. Kan sekarang-sekarang musim hujan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Kabupaten Ciamis, Usid mengatakan, bencana longsor tersebut mengakibatkan 2 rumah warga mengalami rusak parah dan 2 rumah mengalami rusak ringan. Selain itu, sebagian penghuni rumah sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman.

"Hari ini kami terus melakukan pendataan dan juga menyalurkan logistik untuk para korban," kata Usid.

Dengan terjadinya longsor tersebut, Usid menghimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati pada musim hujan sekarang yang terus menerus terjadi.

"Kami menghimbau kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati. Apabila warga yang tinggal di wilayah rawan longsor baiknya mengungsi terlebih dahulu ke tempat yang lebih aman untuk menghindari bencana longsor," pungkasnya.

 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network