5 Pemain Naturalisasi Tersukses di Indonesia, Nomor 3 Usia 45 Tahun Jadi Sesepuh di Liga 1

Rilo Pambudi
Pemain Naturalisasi Tersukses di Indonesia. Foto: Instagram

3. Cristian Gonzales


Cristian Gonzales Pemain Naturalisasi Tersukses di Indonesia. Foto: Instagram
 

Cristian Gonzales salah satu pemain naturalisasi tersukses di Indonesia. Cristian Gonzales mungkin bisa disebut sebagai pemain naturalisasi tersukses. Sosok yang mendapat julukan El Loco itu dia berhasil membawa Persik Kediri meraih gelar juara Liga Super Indonesia pada tahun 2006. Tak hanya itu, Gonzales juga menyabet gelar top skor.

Kiprahnya semakin cemerlang ketika membela Persik Kediri pada Liga Champions Asia 2007. Pada 2017, Gonzales membawa Arema FC meraih gelar juara pada Piala Presiden. 

Ia adalah pemain yang paling tua di Liga 1 2022/2023. Bagaimana tidak, Gonzales masih dipercaya untuk menjadi striker utama Rans Nusantara FC di usianya yang kini lebih dari 45 tahun.

Pemain yang biasa dipanggil El Loco ini adalah pemain naturalisasi asal Uruguay yang juga pernah menjadi andalan Timnas Indonesia. Gonzales tercatat telah mengemas 29 caps dan mencetak 12 gol saat membela Timnas Garuda dalam kurun 2010-2015.

Pengalamannya membela sejumlah klub besar Tanah Air semacam PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, hingga Arema tentu sudah tidak perlu dipertanyakan.

4. Alberto Goncalves


Alberto Goncalves Pemain Naturalisasi Tersukses di Indonesia. Foto: Instagram
 

Pemain naturalisasi tersukses di Indonesia juga ada Alberto Goncalves. Alberto Goncalves merupakan pemain naturalisasi asal Brasil. Saat bergabung di Arema FC, dia berhasil mengantarkan klubnya menjadi juara turnamen Inter Island Cup 2014.

Di level Timnas, Goncalves pernah menjadi pemain senior pada ajang Asian Games 2018. Selain itu, Beto juga sempat menorehkan empat gol di bawah asuhan Luis Milla. 

Kemudian pada 2019, dia menjadi andalan Timnas Indonesia pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Di ajang ini, dia menyumbangkan dua gol buat Timnas Indonesia.

5. Ilija Spasojevic


Ilija Spasojevic Pemain Naturalisasi Tersukses di Indonesia. Foto: Instagram
 

Yang terakhir pemain naturalisasi tersukses di Indonesia yakni Ilija Spasojevic. Ilija Spasojevic adalah pemain naturalisasi kelahiran Montenegro yang masuk dalam daftar pemain yang sukses. Sepak terjangnya di Indonesia telah menonjol ketika dia bergabung dengan Bali United. 

Gelar pertama yang diraihnya adalah ketika membawa Persib Bandung juara Piala Presiden 2015. Kemudian, Spaso mengantar Bhayangkara FC juara Liga 1 2017.

Dua musim berselang, Spasojevic meraih gelar Liga 1 keduanya bersama Bali United. Namun, di level Timnas Indonesia, Spasojevic belum menorehkan catatan mentereng.

Itulah daftar 5 pemain naturalisasi paling sukses di Indonesia yang namanya cukup terkenal. Nama-nama lain seperti Fabiano Beltrame, Victor Igbonefo hingga Greg Nwokolo juga tidak boleh dilupakan.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Pemain Naturalisasi Paling Sukses di Indonesia, Nomor 4 Jadi Sesepuh di Liga 1 "

Editor : Asep Juhariyono

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network