Detik-Detik Tragedi Pesta Halloween Tewaskan 149 Orang di Seoul , Kondisi Tak Terkendali

Ahmad Islamy Jamil
Detik-Detik Tragedi Pesta Halloween Tewaskan 149 Orang di Itaewon, Seoul, Korea Selatan (Korsel). Foto: Reuters

SEOUL, iNewsCiamisRaya.id – Perayaan pesta Halloween di Itaewon, Seoul , Korea Selatan (Korsel) berbuah petaka. Peristiwa itu terjadi pada Sabtu (29/10/2022). Korban pun terus bertambah. Jumlah korban tewas sudah mencapai 149 orang.

Orang-orang terinjak-injak dan meninggal dunia dikarenakan padatnya kerumunan di dekat Hotel Hamilton, dimana pesta itu digelar.

Perayaan acara Halloween tersebut merupakan yang pertama di Seoul dalam kurun waktu tiga tahun terakhir,  setelah negeri ginseng mencabut pembatasan Covid dan aturan jarak sosial. Dalam pesta tersebut para pengunjung mengenakan topeng dan kostum Halloween.

Beberapa saksi menggambarkan kerumunan menjadi semakin tidak terkendali saat malam semakin larut. Kekacauan pun terjadi sekitar pukul 22.20 waktu setempat (20.20 WIB).

Beberapa saksi mata menggambarkan betapa kacaunya situasi beberapa saat sebelum orang-orang saling berdesakan. Polisi kesulitan untuk mengendalikan kerumunan di acara tersebut.

Perayaan itu digelar di salah satu kawasan kehidupan malam di ibu kota Korsel itu, Sabtu (29/10/2022) malam. Salah satu saksi mata, Moon Ju Young (21) mengatakan, dia sudah melihat tanda-tanda akan terjadinya kekacauan di gang-gang sekitar lokasi sebelum insiden itu.

“Setidaknya, acara itu 10 kali lebih ramai dari biasanya,” katanya kepada Reuters.

Rekaman media sosial menunjukkan, ratusan orang yang memadati sebuah gang sempit. Orang-orang itu tidak bisa bergerak ketika petugas darurat dan polisi mencoba menarik mereka agar terbebas dari kerumunan.

Kepala Stasiun Pemadam Kebakaran Yongsan, Choi Sung Beom, mengatakan, semua korban tewas kemungkinan besar akibat kecelakaan yang terjadi di satu gang sempit itu.

Rekaman lain menunjukkan kekacauan saat petugas pemadam kebakaran dan warga merawat puluhan orang yang tampaknya yang tidak sadarkan diri.

Petugas pemadam kebakaran dan saksi mata mengatakan, orang-orang terus berduyun-duyun mendatangi gang sempit yang sudah penuh sesak itu. Karena jalan di gang itu memiliki kemiringan, orang-orang pun berjatuhan di atas jalan akibat berdesak-desakan.

Seorang perempuan yang tidak disebutkan namanya mengatakan, putrinya selamat dari kecelakaan itu. Menurut dia, anaknya dan banyak orang lainnya sempat terjebak selama lebih dari satu jam sebelum berhasil ditarik dari kerumunan orang di gang sempit tersebut.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Detik-Detik Tragedi Pesta Halloween di Seoul Tewaskan 149 Orang: Semakin Malam Kondisi Tak Terkendali "

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network