10 Daerah Terkaya di Jawa Barat, Ada yang Hanya Miliki 3 Kecamatan

Agus Warsudi
10 Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Dok

BANDUNG, iNewsCiamisRaya.id Jawa Barat atau disebut juga Jabar, adalah provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah barat Pulau Jawa, Bandung ibu kotanya. Jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat pada tahun 2020 tercatat sebanyak 48.274.162 jiwa.

Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Ridwan Kamil ini memiliki luas dengan tingkat kepadatan penduduk 1.365 jiwa per kilometer (km) persegi. Jawa Barat terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota dengan jumlah kecamatan 627, kelurahan 645, dan 5.312 desa.

Provinsi Jabar ini memiliki Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita sebesar Rp41.814.000.  Sedangkan PDRB per kapita setiap kabupaten dan kota mulai dari terendah Rp20.987.900 hingga tertinggi Rp112.990.041.

Lantas, manakah daerah terkaya di Jawa Barat berdasarkan PDRB? Berikut daerah terkaya di Jawa Barat berdasarkan PDRB tertinggi dikutip dari channel YouTube, @Mahasiswa Geografi dan beberapa referensi.

10 Daerah Terkaya di Jawa Barat

1. Kota Bandung


Kota Bandung Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: DOKUMENTASI/KORAN SINDO
 

Di Urutan pertama daerah terkaya di Jawa Barat adalah Kota Bandung. Kota Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat dengan letak geografis 768 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bandung yang berjuluk Parijs van Java dan dipimpin Wali Kota Yana Mulyana ini, adalah kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya.

Dari tingkat kepadatan, Kota Bandung terpadat kedua di Indonesia setelah Jakarta, dengan kepadatan penduduk mencapai 15.051 jiwa per kilometer (km) persegi. Sedangkan luas wilayah Kota Bandung mencapai 16.729,65 hektar (ha). Kota yang berada 140 km sebelah tenggara Jakarta ini, berbatasan dengan Kabupaten Bandung di utara, selatan, dan timur. Dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB) di utara. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kota Cimahi

Kota Bandung memiliki Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bandung Rp112.990.041 per kapita. Pendapatan Kota Bandung selain industri, juga jasa, dan pariwisata. Dengan PDRD sebesar, Kota Bandung jadi daerah terkaya pertama di Jawa Barat.

2. Kabupaten Karawang


Kabupaten Karawang Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Di Urutan kedua daerah terkaya di Jawa Barat adalah Kabupaten Karawang. Kabupaten Karawang berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Bogor di barat, laut Jawa di utara, Subang di timur, Purwakarta di tenggara, dan Cianjur di selatan. Jumlah penduduk Karawang pada 2021 sebanyak 2.361.019 jiwa.

Dengan luas wilayah luas wilayah 1.652,00 km persegi, tingkat kepadatan Kabupaten Karawang yang dikenal sebagai daerah pangkal perjuangan dan lumbung padi nasional ini, sebesar 1.429,19 jiwa per km persegi.

Kabupaten Karawang yang dipimpin Bupati Cellica Nurrachadiana memiliki PDRB per kapita sebesar Rp94.944.007. Industri manufaktur dan otomotif yang beroperasi di Karawang, serta pertanian, menjadi penopang perekonomian dan pendapatan daerah ini.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network