get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Santri Nasional, Ribuan Santri di Ciamis Lantunkan Sholawat Nariyah

Anjuran Memperbanyak Membaca Sholawat di Hari Jumat, Ini Alasannya!

Jum'at, 11 Oktober 2024 | 10:51 WIB
header img
Anjuran memperbanyak membaca Sholawat di hari Jumat, ini alasannya!. Foto: Ilustrasi/Freepik

3. Paling Dekat Kedudukannya dengan Nabi Muhammad

Orang yang memperbanyak membaca Sholawat, khususnya pada hari Jumat, maka kedudukannya lebih dekat kepada Nabi Muhammad sebagaimana sabda beliau berikut:

صَلَاةُ أُمَّتِي تُعرَضُ عَلَيَّ فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ؛ فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَيَّ صَلَاةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي مَنْزِلَةً

Artinya: "Sholawat dan doa umatku sampai kepadaku pada setiap hari Jumat. Orang yang paling banyak bersholawat kepadaku di antara mereka adalah orang yang paling terdekat denganku kedudukannya." (HR Al-Baihaqi 5995)

4. Dapat Menghapus 10 Kesalahan

Alasan berikutnya karena terdapat fadhillah yang agung yaitu dihapuskannya 10 dosa dan kesalahan bagi orang menghidupkan Selawat. Dari Anas bin Malik radhiyallahu 'anhu, Nabi bersabda:

مَنْ ‌صَلَّى ‌عَلَيَّ ‌صَلَاةً ‌وَاحِدَةً صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ عَشْرَ صَلَوَاتٍ، وَحُطَّتْ عَنْهُ عَشْرُ خَطِيئَاتٍ، وَرُفِعَتْ لَهُ عَشْرُ دَرَجَاتٍ

Artinya: "Barang siapa yang bersholawat untukku sekali, maka Allah akan memberkatinya dengan sepuluh doa, dan akan dihapus sepuluh kesalahan darinya, dan ditinggikan sepuluh derajat untuknya." (HR An-Nasa'i)

5. Penggugur Dosa Selama 80 Tahun

Alasan kelima mengapa kaum muslim dianjurkan banyak bersholawat pada Hari Jumat, karena dengannya Allah menghapus dosa-dosa hamba-Nya. Dalam satu riwayat, dosa selama 80 tahun diampuni Allah berkat membaca sholawat berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Rasulullah bersabda:

مَنْ صَلَّى عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ ثَمَانِينَ مَرَّةً غُفِرَ لَهُ ذُنُوبُ ثَمَانِينَ سَنَةٍ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ كَيْفَ الصَّلَاةُ عَلَيْك قَالَ تَقُولُ اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ عَبْدِك وَنَبِيِّك وَرَسُولِك النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَتَعْقِدُ وَاحِدَةً

Artinya: "Barangsiapa yang berselawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun." Ada yang bertanya kepada beliau: "Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara berselawat atasmu? Beliau menjawab: "Ucapkanlah "Allahumma sholli 'alaa Muhammadin 'Abdika wa Nabiyyika wa Rosulika An-Nabiyyil Ummiyyi", ini dihitung sekali." (Al-Hafizh Al-Iraqi sebagaimana dikutip oleh Al-Hafizh Assakhawi adalah Hadis Hasan. Menurut Imam Ibnu An-Nu'man juga Hadis Hasan)

Itulah lima alasan mengapa kita harus memperbanyak Sholawat di Hari Jumat atau malamnya. Semoga bermanfaat.

Wallahu A'lam

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul "Mengapa Hari Jumat Dianjurkan Memperbanyak Membaca Selawat? Simak Penjelasannya!"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut