get app
inews
Aa Read Next : Nanang Permana Yakin Pemilih PDIP di Ciamis 100 Persen Dukung Pasangan Jeje-Ronal di Pilgub Jabar

Dalam Semalam 2 Peristiwa Kebakaran Terjadi di Ciamis

Selasa, 16 Juli 2024 | 14:39 WIB
header img
Dalam semalam dua peristiwa kebakaran terjadi di Ciamis. Foto: Dok Pos WMK Kawali

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Dalam semalam telah terjadi musibah kebakaran di dua lokasi yang berbeda di Ciamis.

Dapur rumah Sumiati (36) di Dusun Cihideung Desa Budiasih, Kecamatan Sindangkasih, ludes terbakar diduga akibat tabung gas bocor, Selasa (16/7/2024) jam 03.40 WIB dini hari.

Sebelumnya, pada malam yang sama saung tempat penyimpanan barang rongsokan milik Didih (53) di Dusun Karangsari RT 30 RW 08 Desa Jatinegara, Kecamatan Jatinegara, ludes diamuk si jago merah, Senin (15/7/2024) jam 20.00 WIB malam.

Belum diketahui asal usul penyebab kebakaran yang melanda saung tempat penyimpanan sampah milik Didih tersebut.

Senin (15/7/2024) malam tersebut sekitar jam 20.00 WIB malam, Didih yang sedang berada di rumahnya di Dusun Wetan RT 21 RW 06 Desa Jatinegara mendapat informasi dari warga bahwa saung tempat penyimpanan rongsokan miliknya di Dusun Karangsari terbakar.

Setelah diberitahu adanya kejadian tersebut, korban langsung menuju lokasi.

“Begitu sampai di lokasi korban mendapat api sudah berkobar besar,” ujar Trisyanto, Kasi Pengendalian dan penyelamatan  Damkar Satpol PP Ciamis, Selasa (16/7/2024).

Khawatir api yang sedang berkobar melalap saungnya tersebut merembet ke kebun di sekitar lokasi, Didih melapor ke petugas Bhabinkamtibmas yang bertugas di Desa Jatinegara. Kemudian petugas tersebut minta bantuan Damkar Pos WMK Kawali.

Setelah mendapat informasi tersebut, tiga orang petugas Damkar Pos WMK Kawali masing-masing Adam, Rizal dan Bimar dengan menggunakan mobil pancar Z 9913 V langsung menuju lokasi untuk melakukan pemadaman.

Amuk api yang membakar saung dan tumpukan rongsokan tersebut baru berhasil dipadamkan sekitar  jam 22.30 WIB Senin malam itu juga. Kerugian materi sekitar Rp5 juta.

Hanya sekitar 4 jam kemudian, tepatnya jam 02.30 WIB, Selasa (16/7/2024) dini hari, amuk api berkobar melalap dapur rumah Sumiati (36) di Dusun Cihideung RT 02 RW 01 Desa Budiasih Kecamatan Sindangkasih.

Kebakaran yang melanda bangunan dapur ukuran 2 x 3 meter persegi milik Sumiati diduga akibat kebocoran tabung gas. Beberapa hari terakhir setiap dipasang regulator, dari tabung gas muncul bau gas yang menyengat.

Menurut Trisyanto, sekitar pukul 02.30 WIB, Selasa (16/7/2024) dini hari, korban bangun untuk memasak air . Tetapi kemudian malah tertidur.

Tak seberapa lama saat tidurnya tak pulas, korban mendengar suara letupan dari arah dapur.

Korban lantas bergegas menuju dapur. Korban sempat panik begitu menyaksikan kobaran api yang melalap dapur rumahnya di malam dini hari tersebut.

Korban bersama penghuni lainnya berhamburan keluar rumah menyelamatkan diri. Serta minta tolong warga.

Warga yang berdatangan ke lokasi mencoba memadamkan api secara manual. Dan ada warga yang berinisiatif menghubungi petugas Mako Damkar Ciamis.

Lima orang petugas dari Mako Damkar Satpol PP Ciamis melakukan reaksi cepat, mendatangi lokasi kejadian dengan menggunakan mobil unit pancar Z 9921 V.

Begitu petugas sampai di lokasi, amuk api yang melalap dapur rumah milik Sumiati tersebut sudah berhasil ditangani warga sebelum merembet ke bangunan utama rumah. Petugas tinggal melakukan pendinginan bagian dapur yang sudah gosong. Sekitar pukul 04.30 WIB Selasa subuh tersebut petugas dari Mako Damkar Ciamis sudah kembali ke markasnya di Imbanagara tersebut.

Tidak ada korban jiwa maupun luka-luka pada kejadian tersebut. Kerugian materi mencapai Rp20 juta menyusul ludesnya dapur ukuran 2 x 3 meter persegi tersebut beserta isinya.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut