get app
inews
Aa Read Next : Petugas Damkar Ciamis Kembali Tangkap Ular King Kobra dari Rumah Warga

Ganas dan Berbahaya, Inilah 10 Spesies Ular yang Bisa Menelan Tubuh Manusia

Sabtu, 15 Juni 2024 | 16:16 WIB
header img
Ganas dan Berbahaya, Inilah 10 Spesies Ular yang Bisa Menelan Tubuh Manusia. Foto: Ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Ular merupakan salah satu hewan predator yang harus diwaspadai. Hewan melata yang satu ini dikenal memiliki reputasi menakutkan karena selain memiliki senjata gigitan tajam dengan racun sangat berbahaya, juga bisa menelan mangsa yang jauh lebih besar dari ukuran kepalanya. Bahkan mampu menelan tubuh manusia bulat-bulat!

Ular merupakan makhluk yang mengesankan dan menakutkan. Meskipun tubuhnya terlihat kecil, pipih, bersisik, dan memanjang, namun siapa sangka hewan satu ini bahkan dapat menelan manusia hidup-hidup dengan sangat mudah.

Hal itu dikarenakan ular mempunyai tubuh yang sangat lentur sehingga mampu menelan makhluk hidup yang ukuran tubuhnya jauh lebih besar darinya.

Lantas, ular apa saja yang mampu menelan tubuh manusia bulat-bulat? Berikut rangkumannya.

Ular yang Bisa Menelan Tubuh Manusia

1. Titanoboa

Titanoboa adalah hewan purbakala bersejarah yang hidup di zaman prasejarah selain keberadaan dinosaurus. Spesies ular satu ini masuk dalam kategori hewan berbahaya dan mematikan bagi manusia. Hal itu dikarenakan ular Titanoboa ini mampu melilit, melumpuhkan bahkan menelan manusia hidup-hidup.

2. Anaconda Hijau


Anaconda Hijau. Foto: Shutterstock
 

Anaconda hijau, juga dikenal sebagai anaconda raksasa, adalah salah satu ular terbesar dan terkuat di dunia. Reptil buas ini berasal dari Amerika Selatan. Hewan melata berwarna hijau dan bertubuh besar itu sangat ditakuti oleh banyak orang. Sebab tidak hanya bobotnya yang berat namun hewan satu ini memiliki kekuatan mencengkeram yang sangat kuat sehingga apapun mangsa yang didapat bisa lumpuh seketika, termasuk manusia.

3. Piton Burma


Ular Python Burma. Foto: Business Insider
 

Piton Burma adalah salah satu ular yang mampu memangsa manusia. Ular satu ini bisa ditemukan dengan mudah di negara Myanmar atau Burma. Hewan satu ini mampu membunuh dengan cepat, bahkan santer disebutkan bahwa banyak manusia dari Suku Agta menjadi korban dari santapan ular satu ini.

4. Piton Australia

Jenis ular pemangsa manusia berikutnya ialah jenis Phyton Australia. Hewan melata satu ini juga masuk kategori paling berbahaya di dunia. Mengapa demikian? Hal itu dikarenakan bahwa daya lilitan dari ular ini sangat kuat dan sanggup memangsa manusia. Namun sampai saat ini, belum ada kabar bahwa ular Phyton Australia memakan korban manusia karena tempat tinggalnya jauh dari pemukiman penduduk.

5. Boa China

Selanjutnya, ular yang mampu memangsa manusia adalah jenis Boa China. Hewan satu ini memang sangat terkenal mematikan di negara China. Bayangkan saja, hewan yang memiliki panjang sampai 16 meter ini kerap ditemukan di hutan China.

6. Anaconda Abuna


Anaconda Abuna. Foto: Acuario Michin Puebla
 

Hewan melata satu ini bertempat tinggal di Sungai Abuna, Rio de Janeiro, Brazil. Saking seram dan membahayakan, warga setempat menyebut ular satu ini sebagai 'penunggu' Sungai Abuna. Bagaimana tidak, reptil buas ini kerap memangsa dan menyerang kapal-kapal kecil yang berlayar pada sekitaran Sungai Abuna dan Amazon.

7. Inyakamba

Jenis ular Inyakamba juga paling mematikan untuk manusia. Sebab, ular yang hidup di Afrika ini memiliki badan besar dan panjang mencapai 15 meter. Meski masuk kategori tidak berbisa, namun mendekatinya juga bukan langkah yang tepat. Hal itu dikarenakan bahwa hewan melata satu ini mampu menjerat mangsanya dengan melilitkan tubuh ular kepada mangsanya dengan sangat kuat lalu menelannya sampai habis.

8. Piton Guihua Sumatera

Dari segala jenis hewan melata mematikan di dunia, satu di antaranya ada di Indonesia, tepatnya di Pulau Sumatera. Ular itu bernama Piton Guihua Sumatera. Predator mengerikan ini memiliki panjang tubuh hingga 15 meter serta berat mencapai 447 kg. Ular jenis satu ini masuk kategori paling agresif karena jika ada manusia menginjak wilayahnya, maka hewan satu ini tidak segan untuk melilit dan menelan Anda hidup-hidup.

9. Yakumama


Ular Yakumama. Foto: BBC/Jason Borque
 

Jenis ular pemangsa manusia yang berikutnya adalah Ular Yakumama. Hewan satu ini sangat menyeramkan dan ditakuti oleh banyak masyarakat Peru. Hal itu dikarenan bahwa Ular Yakumama tubuh sangat besar dengan diameter 2 meter serta panjang mencapai 40 meter. Saking seramnya banyak masyarakat yang percaya bahwa jika ular itu bergerak maka sungai dan seluruh isi hutan Amazon akan bergetar.

10. Nabau

Ular Nabau juga masuk dalam kategori hewan paling berbahaya yang mampu memakan manusia. Mengapa demikian? Hal itu disebabkan karena predator satu ini memiliki tubuh yang besar serta panjang mencapai 30 meter. Hewan melata satu ini hanya bisa ditemukan di wilayah Kalimantan. Sampai sekarang masyarakat Suku Dayak dan Kalimantan pada umumnya masih sangat mempercayai keberadaan ular raksasa satu ini.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "10 Jenis Ular yang Bisa Sangat Mudah Menelan Manusia, Ada 2 dari Indonesia!"

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut