get app
inews
Aa Read Next : Timnas Indonesia vs Timnas Korsel Piala Asia U-23 2024, Bacawalkot Banjar Atet Handiyana Gelar Nobar

Banjar Menuju Kota Jasa dan Perdagangan

Senin, 22 April 2024 | 14:48 WIB
header img
Banjar menuju Kota Jasa dan Perdagangan. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Budiana Martin

BANJAR, iNewsCiamisRaya.id - Kota Banjar terus berbenah mempersiapkan diri menjadi kota yang lebih baik lagi terutama dalam menyongsong arah strategis pembangunan jangka panjangnya tahun 2025-2045.

Kepala Badan Perencaan, Penelitaian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbanda) Kota Banjar, Andi Bastian mengatakan bahwa Banjar kedepan masih menyongsong arah strategis daerahnya menjadi kota jasa dan perdagangan.

"Hasil pelaksanaan Musrenbang untuk visi RPJPD Kota Banjar 2025-2045 itu mewujudkan Kota Banjar, Madani, Maju dan Berkelanjutan," ujarnya, Senin (22/4/2024).

Saat ini konsep RPJPD masih dalam tahap pembahasan dan konsultasi dan nantinya ditargetkan selesai pada Agustus 2024 mendatang.

"Visi RPJPD ini sudah dibahas mulai tahun lalu dan sekarang masih dilanjutkan pembahasannya dengan DPRD serta masih dikonsultasikan dengan provinsi untuk sinkronisasi program provinsi dan pusat" kata dia.

Selain itu Andi mengatakan dalam RPJPD ini Pemerintah Kota Banjar masih memprioritaskan arah pembangunan Banjar pada potensi ekonomi, sumber daya alam yang ada.

"Pada konsep ini pembangunan Banjar akan menjadikan Kota Banjar sebagai kota jasa dan perdagangan atau commersial city," katanya.

"Termasuk pengembangan kegiatan UMKM, jadi detailnya Banjar itu akan dijadikan kota jasa yang menjadi kota tujuan serta transit," sambungnya.

Terkait isu tidak adanya visi Agropolitan dalam visi RPJPD 2024-2024 seperti yang ditanyakan Komisi III DPRD Kota Banjar, Andi mengatakan bahwa konsep itu juga telah tercover dalam RPJPD 2025-2024.

"Meski dalam RPJMD 2025-2045 tidak disebutkan tapi untuk Agropolitan sudah masuk dalam target sasaran pembangunan, ini masih dalam pembahasan, jadi belum final ya," kata Andi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut