get app
inews
Aa Read Next : IPSI Ciamis Berbenah, 88 Pendekar Ikut Pelatihan Pelatih Silat

Inilah 6 Perguruan Pencak Silat di Indonesia yang Paling Ditakuti

Minggu, 17 Maret 2024 | 12:12 WIB
header img
Pencak silat. Foto: Ilustrasi/Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Di Indonesia, ada banyak perguruan pencak silat yang dikenal karena kehebatan dan kemampuan luar biasa dari para petarungnya. Enam diantaranya merupakan perguruan pencak silat paling ditakuti di Tanah air.

Pencak silat merupakan aliran bela diri asli Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Praktik pencak silat telah ada sejak berabad-abad yang lalu dan menjadi bagian integral dari budaya dan tradisi Indonesia. Pada masa lampau, pencak silat digunakan untuk perlindungan diri dari serangan musuh.

Oleh sebab itu, Gerakan-gerakan dalam seni bela diri pencak silat bertujuan untuk melumpuhkan lawan. Bahkan, gerakannya dapat membunuh lawan dalam waktu yang singkat.

Pencak silat terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Satu per satu aliran bela diri pencak silat pun lahir di berbagai daerah di Indonesia. Data yang dilansir dari laman Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) menunjukkan bahwa jumlah perguruan pencak silat di Indonesia saat ini, mencapai 840 perguruan.

Dari sekian banyaknya perguruan pencak silat yang ada di Indonesia, terdapat beberapa perguruan besar yang sangat ditakuti. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia.

Perguruan Pencak Silat Paling Ditakuti

1. Pencak Silat IKS PI


 

Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI) adalah salah satu perguruan pencak silat yang terkenal asal Madiun, Jawa Timur. Perguruan ini terkenal karena mengombinasikan gerakan pencak silat tradisional Indonesia dengan teknik-teknik Kung Fu dari China.

Karenanya, gerakan bela diri ini terkenal sangat cepat dan mematikan. Selain itu, jumlah anggota yang sangat banyak juga menjadi faktor lain yang membuat perguruan pencak silat ini sangat ditakuti.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut