get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Ciamis dan Sekitarnya, Senin 20 Mei 2024

Alun-Alun Ciamis, Surganya Ngabuburit bagi Anak-Anak

Kamis, 14 Maret 2024 | 18:48 WIB
header img
Alun-Alun Ciamis, surganya ngabuburit bagi anak-anak. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Andri M Dani

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Tiap sore selama bulan puasa ratusan bahkan ribuan warga tumpah di Alun-Alun Ciamis, berekresi menunggu datangnya waktu berbuka. Terlebih hujan tidak turun mengguyur.

Pusat keramaian di tengah kota galendo tersebut memang menjadi tempat paling favorit untuk ngabuburit setiap bulan puasa.

Favorit bagi siapapun untuk ngabuburit, terutama untuk anak-anaknya.  Setelah direnovasi tahun lalu, di Alun-Alun Ciamis terdapat banyak tempat bermain untuk anak-anak.

Baik yang sudah tersedia secara gratis seperti sosorodotan, ayun-ayunan dan banyak lagi yang lainnya.

Maupun yang disewakan oleh penyedia jasa rekreasi yang mangkal di Alun-Alun Ciamis seperti sepeda cinta, mobil-mobilan remot, kereta-kereta api, dan banyak pilihan lainnya.  

Tentunya juga deldom, delman mini yang ditarik domba  yang siap membawa penumpang (anak-anak) keliling taman di tengah kota Ciamis tersebut. Deldom sudah menjadi ikon Taman Raflesia (bagian dari Alun-Alun Ciamis) sejak diresmikan tahun 1995 lalu.

Tak ketinggalan tentunya juga boneka penabuh bedug uwa Haji Geyot pun menjadi penghibur setia bagi warga yang ngabuburit di Alun-Alun Ciamis tersebut.

Selama bulan puasa banyak pilihan kuliner yang menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Beragam takjil bisa ditemukan di pelataran billboard maupun di halaman Masjid Agung Ciamis yang bersebelahan dengan Alun-Alun Ciamis. Tersedia berbagai macam kolak, jus, berbagai macam minuman, salad, kue-kue, bakso, mie ayam, mendoan, bala-bala, bahkan juga nasi timbel dan sebagainya.  

Bagi orang tua, ngabuburit di Alun-Alun Ciamis, tentu tidak hanya sekedar menunggu datangnya waktu bedug magrib berbunyi. Tetapi juga menghibur anak-anak serta berburu berbagai kuliner. Juga ada sudut baca untuk meningkatkan semangat literasi.

“Ngabuburit sambil ngasuh kang,” ujar Opik, warga Maleber kepada iNewsCiamisRaya, Rabu (13/03/2024) sore.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut