get app
inews
Aa Read Next : 5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Kota Banjar

Tips Berbuka Puasa Ala Dokter Zaidul Akbar, Bikin Sehat dan Mengenyangkan

Selasa, 12 Maret 2024 | 10:14 WIB
header img
Tips berbuka puasa Ala Dokter Zaidul Akbar, bikin sehat dan mengenyangkan. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Puasa Ramadan merupakan salah satu kewajiban bagi umat Muslim di seluruh dunia. Berdasarkan kalender Islam Hijriah 2024 yang dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia, awal puasa Ramadan dimulai pada Selasa, 12 Maret 2024.

Terkadang, banyak umat Muslim di Indonesia cenderung memilih menu berbuka puasa secara sembarangan tanpa memperhatikan keseimbangan nutrisi atau kandungan gizi yang sehat. Salah satunya mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa yang hanya sekedar mengenyangkan saja.

Memilih menu berbuka puasa yang tidak sehat dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh dan bahkan dapat mengganggu kekhusukan ibadah puasa. Beberapa masalah kesehatan yang dapat muncul akibat konsumsi makanan yang tidak sehat saat berbuka puasa antara lain gangguan pencernaan, peningkatan berat badan, gangguan kadar gula darah, dan kurangnya energi.

Dilansir dari akun YouTubenya Dokter Zaidul Akbar, berikut rekomendasi tips menu berbuka puasa selain bikin sehat juga mengenyangkan.

Idealnya, menurut dokter Zaidul, umat Muslim tidak dianjurkan mengonsumsi gorengan saat berbuka puasa. Dia justru merekomendasikan agar berbuka dengan kurma. Karena, kurma memiliki kandungan gula alami yang tinggi yang dapat memberikan sumber energi cepat bagi tubuh setelah seharian berpuasa. Kurma juga mengandung serat, vitamin, dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

Selain itu, dokter Zaidul juga memberikan salah satu tips menarik agar bisa tetap kenyang meskipun hanya mengonsumsi kurma. Salah satunya yakni dengan menyantapnya dengan olesan mentega atau Butter.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Berita iNews Ciamisraya di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut