get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Kota Banjar dan Sekitarnya, Rabu 17 Juli 2024

Mengenal Filosofi Batik Motif Ikan Bebeong dan Daun Tarum yang Akan Jadi Ikon Kota Banjar

Minggu, 25 Februari 2024 | 11:30 WIB
header img
Mengenal filosofi batik motif Ikan Bebeong dan Daun Tarum yang akan jadi ikon Kota Banjar. Foto: Istimewa

BANJAR, iNewaCiamisRaya.id - Batik merupakan warisan budaya nusantara yang memiliki nilai serta perpaduan seni yang tinggi. Sarat dengan makna filosofis dan simbol setiap batik tentu memperlihatkan cara berpikir masyarakat pembuatnya.

Hal itu tak terkecuali dengan karya seni Batik khas Kota Banjar, Jawa Barat yakni Batik bermotif Parakan Kuwu atau yang sering dikenal dengan nama motif Ikan Bebeong dan Daun Tarum.

Menurut penggagas konsep Batik Ikan Bebeong dililit dengan daun Tarum, Yadi Suryadi, motif Batik ini diambil dari simbol hewan dan tumbuhan khas Kota Banjar yaitu Ikan Bebeong dan Daun Tarum.

"Filosofinya Ikan bebeong yang habitatnya ada di Sungai Citanduy dengan dililit Daun Tarum yang merupakan Ikon Banjar Patroman yang berasal dari Kata Banjar Pataruman-Taruman-Tarum," kata Yadi kepada iNews.id, Sabtu (24/2/2024).

"Jadi Ikan Bebeong dililit Daun Tarum mencerminkan Identitas Kota Banjar," kata dia menambahkan.

Yadi menjelaskan bahwa Ikan Bebeong atau Baung adalah spesies Ikan air tawar yang hidup di Sungai Citanduy.

Masyarakat Kota Banjar sebagai penunjang ekonominya memanfaatkan spesies Ikan Citanduy satu ini untuk kebutuhan sehari-hari dengan cara menangkap ikan dengan di pancing.

Ia juga menyebutkan masyarakat Kota Banjar biasanya mengolah Ikan bebeong tersebut menjadi SOP Bebeong atau Pais Bebeong. Hal itu sudah secara turun temurun dilakukan sejak zaman dahulu.

Adapun Ikan Bebeong tersebut banyak berkembang biak di cekungan Sungai Citanduy.

"Untuk di Kota Banjar sendiri tempat berkembangbiaknya Ikan Bebeong ada di Daerah Parakan Kuwu Rajegwesi atau warga sekitar sering menyebutnya “Rajagosi” di wilayah Kecamatan Pataruman Kota Banjar," kata Yadi.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut