get app
inews
Aa Read Next : Kandang Ayam di Jatinagara Ciamis Ludes Terbakar, Kerugian Capai Rp700 Juta

Gara-Gara Bakar Sampah, Kandang Ayam Milik Peternak di Pamarican Ciamis Jadi Abu

Selasa, 14 November 2023 | 12:24 WIB
header img
Gara-gara bakar sampah, kandang ayam milik peternak di Pamarican Ciamis jadi abu. Foto: Dok Tagana/Damkar Pos WMK Banjarsari

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Kandang ayam milik Ngadenan (64) di Dusun Tugusari Rt 10 RW 05 Desa Sukamukti Kecamatan Pamarican Ciamis terbakar dilalap api, Senin (13/11) sekitar pukul 13.25 siang.

Amuk si jago merah yang terjadi saat panas terik menyengat tersebut gara-gara pembakaran sampah. Lokasi kandang berada di kawasan persawahan.

“Asal mula kejadian dari pembakaran sampah,” ujar Baehaki Effendi, anggota Tagana yang juga aktivis Relawan Ciamis Selatan (RCS) tersebut kepada iNewsCiamisRaya.id Senin (13/11).

Senin siang tersebut menurut Baehaki, korban yakni pemilik kandang mendatangi kandang ayamnya yang berlokasi di sisi jalan kampung di kawasan persawahan tersebut.

Korban membersihkan sekitar kandang dan membakar sisa-sisa sampah-sampahnya. Kemudian korban  pulang ke rumah, tak jauh dari lokasi kandang .

Saat korban sudah tidak berada di lokasi, api dari pembakaran sampah merembet ke bangunan kandang ayam.

Mengetahui kandang ayamnya dilalap kobaran api, korban menghubungi Baehaki.

“Saya sempat ditelepon korban. Kemudian minta bantuan Damkar Pos WMK Banjarsari,” katanya.

Dengan cepat 4 orang petugas Damkar Pos WMK Banjarsari, yakni Dikri, Tian, Nana dan Anto meluncur ke lokasi dengan menggunakan mobil pancar Z 9915 V. Sementara Uju dan Icep siaga di posko.

Amuk api berhasil dipadamkan dengan cepat.  Setengah dari bagian kandang ukuran 8 x 60 meter persegi tersebut berhasil diselamatkan.

“Tidak ada ayam yang mati gosong. Kebetulan kandang lagi kosong, tidak ada ayamnya,” ungkap Baehaki.

Tidak ada korban jiwa pada kejadian tersebut, kerugian materi mencapai Rp 50 juta.

Pihak-pihak yang terlibat dalam penanganan amuk api di siang bolong tersebut petugas Damkar Pos WMK Banjarsari dibantu warga sekitar, Tagana, Relawan Ciamis Selatan,RAPI, MDMC, Polsek Pamarican dan perangkat Desa Sukamukti Pamarican. 

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut