get app
inews
Aa Read Next : Menjelang Hari Kiamat Tiba, Ini Rangkaian Peristiwa yang Terjadi

10 Keistimewaan yang Dikaitkan dengan Hari Jumat Menurut Islam, Salah Satunya Terjadinya Kiamat

Jum'at, 20 Oktober 2023 | 12:45 WIB
header img
Keistimewaan hari Jumat menurut Islam. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Menurut ajaran Islam, terdapat beberapa keistimewaan yang dikaitkan dengan hari Jumat, patut diketahui setiap Muslim. Selain itu, hari Jumat juga memiliki keutamaan yang istimewa dibandingkan dengan hari-hari lainnya.

Hari Jumat disebut sebagai "sayyidul ayyam" atau penghulu dari semua hari.

Pada hari mulia itu umat Muslim diperintahkan untuk melaksanakan shalat Jumat di masjid. Dianjurkan juga untuk memperbanyak bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan  juga amalan-amalan ibadah lainnya yang dianjurkan pada hari Jumat.

Dalam beberapa tradisi dan kepercayaan sebelum Islam, hari Jumat memiliki nama lain yaitu hari Arubah. Umat-umat sebelumnya juga menghormati dan memuliakan hari Jumat dalam berbagai cara sesuai dengan kepercayaan.

Dalam beberapa riwayat, terdapat penjelasan bahwa kata Jumat diambil dari kata jama'a yang berarti berkumpul. Salah satu riwayat tersebut menyebutkan bahwa hari Jumat adalah hari perjumpaan atau pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa di Jabal Rahmah. Kata Jumat juga dapat diartikan sebagai waktu berkumpulnya umat Muslim untuk melaksanakan kebaikan shalat Jumat di masjid.

Dalam bahasa Arab, kata Jumu'ah berasal dari kata al-jam'u yang berarti perkumpulan atau berkumpul. Hal ini mengacu pada umat Muslim yang melakukan perkumpulan setiap tujuh hari di dalam masjid-masjid yang besar untuk melaksanakan shalat Jumat.

Lantas, apa saja keistimewaan hari Jumat menurut Islam? Simak rangkuman berikut ini.

Keistimewaan Hari Jumat Menurut Islam

1. Waktu Mustajab

Keistimewaan Hari Jumat menurut Islam merupakan waktu yang tepat untuk berdoa. Karena pada hari itu merupakan hari yang penuh berkah dan rahmat sehingga doa-doa umat Islam yang beriman akan dikabulkan.

Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadits, “Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR. Bukhari no. 935 dan Muslim no. 852, dari sahabat Abu Hurairah).

2. Diciptakan Semua Makhluk 

Salah satu keistimewaan hari Jumat dalam Islam adalah bahwa Allah menciptakan semua makhluk-Nya yang sempurna. Sesungguhnya hari Jumat itu merupakan hari keenam dari tahun yang Allah menciptakan padanya langit dan bumi.  Pada hari ini, Allah menciptakan berbagai makhluk-Nya dengan keindahan dan kesempurnaan yang luar biasa.

3. Diciptakan Nabi Adam AS

Keistimewaan Hari Jumat dalam Islam adalah bahwa Nabi Adam AS, manusia pertama yang diciptakan oleh Allah SWT, juga diciptakan pada hari Jumat.

Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: “Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi”. Mereka berkata: “Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?” Tuhan berfirman: “Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui” (QS. Al-Baqarah: 30)

4. Nabi Adam Diturunkan ke Bumi

Keistimewaan hari Jumat selanjutnya terkait dengan peristiwa turunnya Nabi Adam dan sang istri, Siti Hawa ke bumi dari surga. Nabi Adam dan Siti Hawa ditempatkan di surga oleh Allah SWT, namun mereka melanggar perintah-Nya dengan memakan buah dari pohon terlarang yang disebut sebagai buah khuldi atau buah terlarang. Peristiwa itu terjadi pada hari Jumat dan termaktub dalam Alquran, Surat Al-Baqarah ayat 36:

“Lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: “Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan”.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut