get app
inews
Aa Read Next : 8 Jenis Ikan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat dan Kolesterol, Salah Satunya Nila

7 Jenis Daun untuk Menurunkan Asam Urat, Meredakan Nyeri Sendi dengan Cepat

Rabu, 06 September 2023 | 13:43 WIB
header img
Daun untuk menurunkan asam urat dengan cepat. Foto: iNewsCiamisRaya.id/Eni Pepin Lusiani

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada 7 jenis daun yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan cepat sehingga dapat membantu menghilangkan nyeri sendi yang mengganggu. Sudah sejak lama daun ini digunakan sebagai pengobatan alternatif.

Asam urat merupakan kondisi radang sendi dimana kadar asam urat dalam tubuh meningkat secara berlebihan dan dapat menyerang siapa saja.

Serangan asam urat biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dapat menyebabkan nyeri yang hebat, bengkak, kemerahan, dan nyeri tekan pada sendi yang terkena. Sendi yang paling sering terkena adalah jempol kaki, tetapi asam urat juga dapat mempengaruhi sendi lain seperti pergelangan tangan, lutut, dan sendi lainnya.

Asam urat terjadi ketika kristal urat menumpuk di dalam sendi, yang menyebabkan peradangan dan nyeri hebat yang biasa disebut serangan asam urat. Kristal urat terbentuk ketika kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Tubuh memproduksi asam urat ketika memecah purin. Purin adalah senyawa yang ditemukan dalam makanan tertentu dan juga diproduksi secara alami oleh tubuh.

Dikutip dari India Herald, Selasa (5/9/2023), berikut daun yang bisa menurunkan asam urat dengan cepat.

Daun untuk Menurunkan Asam Urat dengan Cepat

1. Daun Sirih


Daun sirih. Foto: Getty Images
 

Mengunyah daun sirih satu kali sehari sehabis makan dapat memberikan manfaat yang baik dalam mengatasi asam urat. Tetapi perlu diingat bahwa jangan menggunakan tembakau apa pun.

Selain mengunyah daun sirih, Anda juga dapat memanfaatkannya dalam bentuk air rebusan.

Caranya : Rebus daun sirih dalam air, kemudian menyaring air rebusan tersebut dan mengonsumsinya.

2. Daun Salam


Daun salam. Foto: Getty Images
 

Air rebusan daun salam memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan, termasuk kemampuannya untuk menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang tinggi. Selain itu, kandungan flavonoid di dalam daun salam juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Daun salam dapat dijadikan minuman seperti teh dengan merebusnya bersama air. Daun salam mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, zat besi, kalium, kalsium, dan magnesium. Bisa meningkatkan kesehatan secara umum, jika dikonsumsi teratur.

Caranya : Ambil minimal 15 lembar daun salam, rebus dengan tiga gelas air lalu diminum.

3. Daun Ketumbar


Daun Ketumbar. Foto: Getty Images
 

Daun ketumbar mengandung serat, zat besi, mangan, magnesium, vitamin C, dan vitamin K. Kandungan nutrisi daun ketumbar dapat membantu menurunkan kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh.

Caranya : Rebus daun ketumbar secukupnya dalam air selama sekitar 10 menit. Setelah itu, air rebusan dapat disaring dan diminum.

4. Daun Sirsak


Daun sirsak. Foto: Getty Images
 

Jika Anda ingin mencoba air rebusan daun sirsak, disarankan untuk memulai dengan satu cangkir sehari dan memperhatikan bagaimana tubuh Anda bereaksi.

Porsi ideal air rebusan yang dikonsumsi setiap hari memang bervariasi tergantung pada ukuran dan kebiasaan individu. Secara umum, minum satu hingga tiga cangkir air rebusan sehari dianggap sebagai jumlah yang sehat.

5. Daun Seledri


Daun seledri. Foto: Getty Images
 

Daun seledri mengandung senyawa luteolin yang telah diteliti oleh para peneliti untuk mengurangi produksi oksida nitrat dari asam urat.

Air rebusan daun seledri dapat membantu menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh karena senyawa luteolin dalam daun seledri memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan. Senyawa ini dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan gejala asam urat.

6. Daun Perilla


Daun perilla. Foto: Getty Images
 

Air rebusan daun perilla dapat membantu mengontrol konsentrasi asam urat dalam darah jika diminum secara teratur setiap hari. Selain itu, daun perilla juga dapat dikonsumsi melalui menu makanan sehari-hari.

Selain manfaatnya dalam mengontrol asam urat, daun perilla juga diketahui dapat membantu masalah pencernaan, keracunan makanan, serta beberapa gangguan kesehatan umum seperti batuk, flu, dan pilek.

7. Daun Zaitun


Daun zaitun. Foto: Getty Images
 

Menurut pengalaman Goran Morovic, seorang insinyur sipil Kroasia, dia bertemu dengan seorang dokter yang juga menderita asam urat dan telah menemukan obat yang tidak biasa.

“Dia menyuruh saya minum teh daun zaitun dua kali sehari, setiap hari. Saya sudah makan apa pun yang saya suka dan tidak pernah mengalami asam urat kembali,” kata Morovic.

Itulah tujuh jenis daun yang bisa menurunkan asam urat dengan cepat dan dapat membantu menghilangkan nyeri sendi yang mengganggu. Semoga artikel ini bermanfaat.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut