get app
inews
Aa Read Next : Prakiraan Cuaca Hari Ini untuk Wilayah Bandung dan Sekitarnya, Minggu, 13 Agustus 2023

10 Daerah Terkaya di Jawa Barat, Ada yang Hanya Miliki 3 Kecamatan

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 20:34 WIB
header img
10 Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Dok

BANDUNG, iNewsCiamisRaya.id Jawa Barat atau disebut juga Jabar, adalah provinsi di Indonesia yang terletak di sebelah barat Pulau Jawa, Bandung ibu kotanya. Jumlah penduduk Provinsi Jawa Barat pada tahun 2020 tercatat sebanyak 48.274.162 jiwa.

Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Ridwan Kamil ini memiliki luas dengan tingkat kepadatan penduduk 1.365 jiwa per kilometer (km) persegi. Jawa Barat terdiri atas 18 kabupaten dan 9 kota dengan jumlah kecamatan 627, kelurahan 645, dan 5.312 desa.

Provinsi Jabar ini memiliki Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) per kapita sebesar Rp41.814.000.  Sedangkan PDRB per kapita setiap kabupaten dan kota mulai dari terendah Rp20.987.900 hingga tertinggi Rp112.990.041.

Lantas, manakah daerah terkaya di Jawa Barat berdasarkan PDRB? Berikut daerah terkaya di Jawa Barat berdasarkan PDRB tertinggi dikutip dari channel YouTube, @Mahasiswa Geografi dan beberapa referensi.

10 Daerah Terkaya di Jawa Barat

1. Kota Bandung


Kota Bandung Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: DOKUMENTASI/KORAN SINDO
 

Di Urutan pertama daerah terkaya di Jawa Barat adalah Kota Bandung. Kota Bandung merupakan ibu kota Provinsi Jawa Barat dengan letak geografis 768 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bandung yang berjuluk Parijs van Java dan dipimpin Wali Kota Yana Mulyana ini, adalah kota terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya.

Dari tingkat kepadatan, Kota Bandung terpadat kedua di Indonesia setelah Jakarta, dengan kepadatan penduduk mencapai 15.051 jiwa per kilometer (km) persegi. Sedangkan luas wilayah Kota Bandung mencapai 16.729,65 hektar (ha). Kota yang berada 140 km sebelah tenggara Jakarta ini, berbatasan dengan Kabupaten Bandung di utara, selatan, dan timur. Dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB) di utara. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan Kota Cimahi

Kota Bandung memiliki Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bandung Rp112.990.041 per kapita. Pendapatan Kota Bandung selain industri, juga jasa, dan pariwisata. Dengan PDRD sebesar, Kota Bandung jadi daerah terkaya pertama di Jawa Barat.

2. Kabupaten Karawang


Kabupaten Karawang Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Di Urutan kedua daerah terkaya di Jawa Barat adalah Kabupaten Karawang. Kabupaten Karawang berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Bogor di barat, laut Jawa di utara, Subang di timur, Purwakarta di tenggara, dan Cianjur di selatan. Jumlah penduduk Karawang pada 2021 sebanyak 2.361.019 jiwa.

Dengan luas wilayah luas wilayah 1.652,00 km persegi, tingkat kepadatan Kabupaten Karawang yang dikenal sebagai daerah pangkal perjuangan dan lumbung padi nasional ini, sebesar 1.429,19 jiwa per km persegi.

Kabupaten Karawang yang dipimpin Bupati Cellica Nurrachadiana memiliki PDRB per kapita sebesar Rp94.944.007. Industri manufaktur dan otomotif yang beroperasi di Karawang, serta pertanian, menjadi penopang perekonomian dan pendapatan daerah ini.

3. Kabupaten Bekasi


Kabupaten Bekasi Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Kota Bekasi daerah terkaya di Jawa Barat ada diurutan ketiga. Kabupaten Bekasi dengan ibu kota Cikarang berada di sebelah timur Jakarta. Bekasi berbatasan dengan Kota Bekasi dan Jakarta di barat, laut Jawa di barat, dan Karawang di timur serta Kabupaten Bogor di selatan. Kabupaten ini terdiri atas 23 kecamatan.

Pada 2021, jumlah penduduk Kabupaten Bekasi sebanyak Rp2.936.182 jiwa. Dengan luas tingkat kepadatan 2.397 jiwa per km persegi. PDRB Kabupaten Bekasi sebesar Rp81.544.434. 

Industri manufaktur dan automotif yang banyak beroperasi di Kabupaten Bekasi yang dipimpin penjabat (pj) Bupati Bekasi Dani Ramdan ini, menjadi penopang utama perekonomian dan pendapatan daerah.

4. Kota Cirebon


Kota Cirebon Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Daerah terkaya di Jawa Barat di urutan keempat ada Kota Cirebon. Kota Cirebon berada di pesisir utara dan Jawa atau yang dikenal dengan jalur pantura, menghubungkan Jakarta, Semarang, Surabaya. Pada 2022, Jumlah penduduk Kota Cirebon 343.497 jiwa. Dengan luas 37,36 km persegi, kepadatan penduduk di Kota Cirebon mencapai 9.194 jiwa per km persegi. 

Walaupun wilayah Kota Cirebon yang berbatasan dengan Kabupaten Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu ini termasuk kecil, tetapi kota ini merupakan pusat bisnis. Tak heran Kota Cirebon memiliki PDRB per kapita Rp72.723.491. 

Selain itu, Kota Cirebon yang dipimpin Walikota Nashrudin Azis juga mengandalkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata, Sejumlah destinasi wisata sejarah keraton Kesultanan Cirebon terdapat di kota ini.

5. Kabupaten Purwakarta


Kabupaten Purwakarta Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Selanjutnya daerah terkaya di Jawa Barat di urutan kelima adalah Purwakarta. Purwakarta adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Ibu kota berada di Kecamatan Purwakarta yang berjarak sekitar 80 km sebelah tenggara Jakarta. Jumlah penduduk Kabupaten Purwakarta berdasarkan sensus 2020 sebanyak 997.869 jiwa.

Tingkat kepadatan penduduk Kabupaten Purwakarta sebesar 1.026,91 jiwa per km persegi. Kabupaten Purwakarta yang dipimpin Bupati Anne Ratna Mustika ini memiliki PDRB per kapita sebesar Rp69.119.211. 

Selain industri dan pertanian, Kabupaten Purwakarta juga merupakan salah satu daerah pariwisata unggulan di Jawa Barat. Waduk Jatiluhur merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Purwakarta.

6. Kota Cimahi


Kota Cimahi Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Kota Cimahi daerah terkaya di Jawa Barat berada di urutan keenam. Kota Cimahi sebuah kota kecil di Provinsi Jawa Barat. Letak kota ini dihimpit oleh Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Bandung Barat. Kota Cimahi yang dipimpin Walikota Ngatiyana ini terdiri atas tiga kecamatan, yaitu, Cimahi Tengah, Cimahi Utara, dan Cimahi Selatan dan terbagi dalam 15 kelurahan.

Pada 2021, jumlah penduduk Kota Cimahi sebanyak 560.512 jiwa. Dengan luas wilayah 39,27 km persegi, tingkat kepadatan sebesar 13.850 jiwa per km persegi. Cimahi dikenal sebagai kota militer, karena di sini terdapat sejumlah markas dan pusat pendidikan TNI AD.

Walaupun kota kecil, Cimahi memiliki PDRD Rp51.919.810 sehingga menempatkannya sebagai daerah dengan PDRB tertinggi ke-6 di Jawa Barat. Industri, jasa, dan perdagangan menjadi penopang perekonomian Kota Cimahi.

7. Kabupaten Indramayu


Kabupaten Indramayu Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Daerah terkaya di Jawa Barat di urutan ketujuh ada Kabupaten Indramayu. Kabupaten Indramayu adalah daerah di Provinsi Jawa Barat dengan ibu kota adalah Indramayu. Daerah yang terletak di pesisir utara Jabar ini pada 2020 memiliki jumlah penduduk sebanyak 1.871.149 jiwa dengan kepadatan 917,23 jiwa per km persegi.

Kabupaten Indramayu yang terkenal dengan kilang minyak Balongan, perikanan tangkap, dan penghasil mangga ini memiliki PDRD sebesar Rp45.629.106. Dengan PDRB sebesar itu Indramayu yang dipimpin Bupati Nina Agustina ini berada di urutan ke-7 daerah dengan PDRB tertinggi di Jabar. 

8. Kota Bogor


Kota Bogor Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Selanjutnya ada Kota Bogor di urutan kedelapan sebagai daerah terkaya di Jawa Barat. Kota Bogor adalah kota yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Kota ini berada 59 km sebelah selatan Jakarta dan merupakan enklaf Kabupaten Bogor. Pada akhir 2021, jumlah penduduk Kota Bogor sebanyak 1.091.396 jiwa. Dengan luas 2.040,11 km persegi, tingkat kepadatan penduduk sebesar 9.210 jiwa per km persegi. 

Kota Bogor yang dipimpin Walikota Bima Arya Sugiarto ini memiliki PDRB per kapita sebesar Rp40.765.959, sehingga menjadikannya sebagai daerah dengan PRDB tertinggi ke-8 di Jawa Barat.

9. Kabupaten Bogor


Kabupaten Bogor Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Di Urutan kesembilan daerah terkaya di Jawa Barat adalah Kabupaten Bogor. Kabupaten Bogor adalah daerah di Provinsi Jawa Barat. Pusat pemerintahan Kabupaten Bogor berada di Kecamatan Cibinong. Berdasarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bogor pada 2021, jumlah penduduk Kabupaten Bogor sebanyak 5.427.068 jiwa.

Tingkat kepadatan penduduk mencapai 1.817 jiwa per km persegi. Kabupaten Bogor memiliki PDRB per kapita sebesar Rp38.787.383. Industri, perdagangan, jasa, dan pariwisata menjadi andalan perekonomian serta pendapatan Kabupaten Bogor.

10. Kota Sukabumi


Kota Sukabumi Salah Satu Daerah Terkaya di Jawa Barat. Foto: Istimewa
 

Kota Sukabumi berada di urutan terakhir daerah terkaya di Jawa Barat. Kota Sukabumi berada di urutan ketiga kota terkecil di Jawa Barat setelah Kota Cirebon dan Cimahi.

Kota Sukabumi memiliki luas 48,33 km persegi dan dihuni penduduk 353.455 jiwa berdasarkan sensus 2021. Kota Sukabumi yang dipimpin Walikota Achmad Fahmi ini memiliki PDRB per kapita sebesar Rp37.503.191.

Itulah 10 daerah terkaya di Provinsi Jawa Barat, yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 48.274.162 jiwa.

Artikel ini telah tayang di jabar.inews.id dengan judul " Daerah Terkaya di Provinsi Jawa Barat, PDRB Per Kapita Tertinggi Rp112.990.041 "

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut