get app
inews
Aa Read Next : Inilah 11 Kejanggalan Tragedi Kanjuruhan, Dari Gas Air Mata hingga Pintu Stadion

Ini Penyebab Banyak Korban Meninggal pada Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan

Minggu, 02 Oktober 2022 | 08:45 WIB
header img
Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan rusuh Foto: iNews/Saif Hajarani

MALANG, iNewsCiamisRaya.id – Laga Arema FC vs Persebaya Surabaya, yang diwarnai kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022), menewaskan 127 0rang. Sedangkan yang masih di rawat di rumah sakit sebanyak 180 orang.

Dalam jumpa pers Minggu (2/10/2022) dini hari, Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Nico Afinta mengatakan tidak semua suporter anarkistis, melainkan sebagian yang turun ke lapangan.

"Masih ada 180 orang yang masih dalam perawatan. Dari 40.000 penonton, tidak semua anarkis. Hanya sebagian, sekitar 3.000 penonton turun ke lapangan," katanya.

Dia menambahkan, pertandingan di Stadion Kanjuruhan awalnya berjalan lancar. Namun, setelah pertandingan berakhir, sejumlah pendukung Arema FC kecewa, beberapa di antaranya turun ke lapangan untuk mencari pemain dan ofisial.

Petugas pengamanan pun berupaya mencegah dengan melakukan pengalihan agar para suporter tidak turun ke lapangan dan mengejar pemain. Dalam prosesnya, petugas melepaskan tembakan gas air mata.

Menurut dia, para suporter tidak puas dan melakukan tindakan anarkistis yang membahayakan keselamatan para pemain dan ofisial.

"Karena gas air mata itu, mereka pergi keluar ke satu titik, di pintu keluar. Kemudian terjadi penumpukan dan dalam proses penumpukan itu terjadi sesak nafas, kekurangan oksigen," katanya.

Soal korban meninggal dunia, Nico menjelaskan, sebanyak 34 di antaranya ditemukan di Stadion Kanjuruhan, sementara sisanya saat mendapat pertolongan di sejumlah rumah sakit. Dia juga menyebutkan ada dua polisi yang meninggal.

Selain itu, ada 13 unit kendaraan yang rusak, 10 diantaranya milik Polri.

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Ini Penyebab Banyak Korban Meninggal "

https://www.inews.id/news/nasional/kerusuhan-di-stadion-kanjuruhan-ini-penyebab-banyak-korban-meninggal

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut