Seekor Lutung Dievakuasi Petugas Damkar, 5 Hari Keluar Masuk Kampung di Banjarsari Ciamis

Andri M Dani
Seekor lutung dievakuasi petugas Damkar, 5 hari keluar masuk kampung di Banjarsari Ciamis. Foto: Dok Damkar Pos WMK Banjarsari

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Sudah lima hari ini seekor lutung (Trachypithecus) bikin resah warga Dusun Mekarsari RT 14 RW 04 Desa Cibadak, Banjarsari, Ciamis. Satwa primata tersebut keluyuran keluar masuk kampung gentayangan di atas atap rumah warga.

Khawatir keresahan terus berlanjut, akhirnya salah seorang warga yang juga perangkat Desa Cibadak, Taofik Hidayat (32) minta bantuan kepada petugas Damkar Pos WMK Banjarsari untuk mengevakuasi lutung tersebut.

Kamis (24/10/2024) sore sekitar pukul 17.45 WIB, warga memergoki sang lutung sedang berada di bantaran Sungai Cikawasen blok Dusun Mekarsari RT 14 RW 04.

Tiga orang petugas Damkar Pos WMK Banjarsari yakni Rizki, Bintang dan Uju datang ke lokasi dengan menggunakan mobil pancar Z 9917 V. Bersama warga petugas terlebih dahulu memantau gerak gerik lutung sembari menunggu kedatangan petugas BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis.

Setelah petugas BKSDA datang lutung tersebut berhasil ditangkap. Proses evakuasi lutung itu tak hanya melibatkan petugas Damkar Pos WMK Banjarsari dan BKSDA. Tetapi juga dibantu oleh relawan dari RCS dan Kalakay, juga ada aparat desa dan kecamatan, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Polsek Banjarsari dan warga.

"Sekitar jam 21.15 WIB Kamis malam tersebut, lutung sudah berhasil dievakuasi," ujar Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Fery Rochwandi SH MSi kepada iNewsCiamisRaya.id, Jumat (25/10/2024).

Setelah berhasil dievakuasi, lutung tersebut diamankan petugas BKSDA Wilayah III Jabar di Ciamis.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network