Kebakaran Pohon Beringin Tua Kembali Terjadi di Ciamis

Andri M Dani
Kebakaran pohon beringin tua kembali terjadi di Ciamis. Foto: Dok Pos WMK Banjarsari Satpol PP Ciamis

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Pohon beringin tua yang tumbuh di sisi jalan raya Banjar-Pangandaran blok Tikungan Ganggayunan Dusun Sukamaju RT 18 RW 06 Desa Sukajadi Pamarican Ciamis gosong dilalap si jago merah, Jumat (25/10/2024) dini hari sekitar jam 03.15 WIB.

Asal api diduga dari korsleting listrik dari kabel yang menempel di pohon beringin tersebut.

Percikan api pertama kali diketahui oleh Purkon (40) warga setempat yang rumahnya berada dekat pohon beringin, waktu ia keluar rumah sekitar jam 02.35 WIB dini hari itu.

Purkon tidak menyangka percikan api malah terus membesar dan semakin berkobar melalap pohon beringin yang cukup tinggi tersebut.

Akhirnya sekitar jam 03.15 WIB Purkon menghubungi petugas piket pos Damkar WMK Banjarsari.

"Empat orang petugas Damkar yang lagi piket di Pos WMK Banjarsari bergerak cepat menuju lokasi kebakaran di Desa Sukajadi tersebut," ujar Kabid Damkar dan Penyelamatan Satpol PP Ciamis, Fery Rochwandi SH MSi kepada iNewsCiamisRaya.id, Jumat (25/10/2024).

Ke-4 orang petugas Damkar Pos WMK Banjarsari yang mendatangi lokasi dengan menggunakan mobil pancar Z 9917 V tersebut masing-masing Icep, Bintang, Rizki dan Uju.

Kebakaran yang menimpa pohon beringin tua di sisi tikungan tajam Ganggayunan yang rawan kecelakaan tersebut tidak hanya menjadi perhatian warga dan pengguna jalan yang sedang melintas . Arus lalu lintas menuju dan dari jalur wisata Pangandaran tersebut sempat tersendat.

"Arus lalu lintas dini hari tersebut sempat diberlakukan secara buka tutup," ujar Uju Suparman, salah seorang petugas Damkar Pos WMK Banjarsari kepada iNewsCiamisRaya.id.

Sekitar pukul 04.30 WIB Jumat (25/10/2024) arus lalu lintas kembali normal setelah kobaran api berhasil dipadamkan.

Petugas Damkar bersama warga, aparat desa setempat, Babinsa dan Bhabinkamtibmas dan relawan RCS bergotong royong memadamkan api dan mengatur lalu lintas.

Menurut Uju, tikungan tajam Ganggayunan tersebut merupakan ruas jalan rawan kecelakaan di jalur jalan raya Banjar-Pangandaran.

"Kalau kecelakaan memang sering terjadi di tikungan Ganggayunan tersebut. Sementara pohon beringinnya baru kali ini kebakaran," katanya.

Bagi pengguna jalan atau wisatawan yang biasa berkendara di jalan raya Banjar-Banjarsari-Pangandaran tentu keberadaan pohon beringin tua di tikungan Ganggayunan tersebut bukan hal yang asing lagi.

Dalam 4 bulan terakhir telah terjadi dua kali kebakaran pohon beringin tua dan besar di Ciamis. Sebelumnya pohon beringin besar yang tumbuh di Taman Borosngora Alun-Alun Panjalu Jumat (5/7/2024) malam jam 22.30 WIB. Amuk api diduga berasal dari pembakaran sampah di bawah pohon beringin tua tersebut.

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network