Jelang Pilgub Jabar 2024, Barisan Relawan Desa di Ciamis Deklarasi Dukung Paslon Acep Adang-Gita KDI

Andri M Dani
Jelang Pilgub Jabar 2024, Barisan Relawan Desa di Ciamis deklarasi dukung Paslon Acep Adang-Gita KDI. Foto: Istimewa

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Barisan Relawan Desa di Ciamis yang terdiri dari petani desa milenial, komunitas peduli literasi Ciamis, dan komunitas peduli lingkungan hidup menyatakan dukungannya untuk pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur, KH Acep Adang Ruhiat-Hj Gitalis Dwi Natarina (Gita KDI).

Deklarasi dukungan Barisan Relawan Desa untuk Paslon nomor urut 01 Pilgub Jabar tersebut berlangsung di Dusun Bojongsari, Desa Dewasari, Cijeungjing Ciamis, Sabtu (19/10/2024).

Pada kesempatan tersebut hadir ratusan orang yang tergabung dalam Barisan Relawan Desa di Ciamis, tokoh masyarakat serta warga. Juga hadir Koordinator Relawan Jabar Bahagia Kabupaten Ciamis, A Hasan Basri.

Deklarasi ini menunjukkan komitmen kolektif dari berbagai komunitas dalam upaya membangun masa depan Jabar yang lebih maju dan bahagia. Dengan mendukung visi dan misi pasangan Acep-Gita dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pendidikan, dan lingkungan hidup di Jawa Barat.

“Kami percaya bahwa Acep Adang dan Gita KDI adalah pasangan yang tepat untuk memimpin perubahan. Visi mereka sejalan dengan harapan kami untuk meningkatkan kualitas hidup di desa.” ujar Koordinator Relawan Jabar Bahagia Kabupaten Ciamis, A Hasan Basri dalam sambutannya.

Beberapa poin penting yang menjadi catatan pada deklarasi Barisan Relawan Desa tersebut menyangkut pendidikan lingkungan hidup. Dengan mendorong program edukasi lingkungan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pelestarian alam dan pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan.

Juga tentang upaya pengurangan sampah dan daur ulang. Dengan mendesak pemerintah untuk menerapkan kebijakan pengelolaan sampah yang efektif. Termasuk program daur ulang dan pengurangan sampah secara masif.

Serta mengajak masyarakat untuk terlibat dalam program penghijauan dan reboisasi, serta melestarikan hutan dan ekosistem yang ada.

Meminta agar masyarakat dilibatkan dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan kebijakan lingkungan dan penggunaan sumber daya alam sebagai bentuk partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.

Mendesak pemerintah untuk meningkatkan akses pendidikan di daerah terpencil, termasuk penyediaan fasilitas dan sarana belajar yang memadai.

Mendorong pengembangan program literasi yang melibatkan masyarakat untuk meningkatkan minat baca dan pengetahuan di kalangan warga desa. Mengharapkan adanya program pelatihan bagi guru dan pendidik agar mereka dapat memberikan pengajaran yang lebih baik dan inovatif. Mendorong penerapan teknologi modern dalam pertanian untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi usaha tani.

Mendesak agar pemerintah meningkatkan akses pasar bagi produk pertanian, sehingga petani dapat menjual hasil pertanian dengan harga yang adil.

Mengharapkan adanya program pelatihan dan pendampingan bagi petani muda untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam bertani.

Mendukung upaya-upaya pengembangan pertanian berkelanjutan dan ramah lingkungan, termasuk penggunaan pupuk organik dan pengelolaan sumber daya alam.

Perlu ada kebijakan pengembangan perpustakaan desa sebagai pusat literasi dan sumber informasi bagi masyarakat.

Deklarasi dukungan Barisan Relawan Desa tersebut ditutup dengan penandatangan pernyataan bersama oleh perwakilan dari masing-masing komunitas.

Dengan deklarasi tersebut Barisan Relawan Desa di Ciamis bertekad bulat mendukung pasangan Acep Adang dan Gita KDI guna mewujudkan Jawa Barat yang lebih maju dan lebih baik.

"Kami siap bekerja sama untuk memastikan aspirasi masyarakat desa didengar dan diakomodasi dalam kebijakan pemerintah," tegas koordinator Relawan Balad Jabar bahagia Kabupaten Ciamis, A Hasan Basri. 

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network