8 Kuliner Khas Ciamis Legendaris yang Menggugah Selera, Wajib Dicoba!

Talitha Reina Alfira/Eni Pepin Lusiani
Kuliner khas Ciamis legendaris yang menggugah selera. Foto: Instagram/@kulinerlimitededition

CIAMIS, iNewsCiamisRaya.id - Kabupaten Ciamis merupakan salah satu wilayah di Jawa Barat yang memiliki kuliner khas legendaris yang menggiurkan untuk dicicipi. Dari berbagai jenis makanan tradisional hingga makanan modern, Ciamis menawarkan beragam pilihan kuliner yang lezat dan unik.

Kabupaten Ciamis memiliki potensi pariwisata yang sangat menarik dengan beragam destinasi wisata yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Salah satu daya tarik utamanya adalah keindahan alamnya yang masih alami, mulai dari pegunungan hingga waduk.

Selain keindahan alam dan beragam destinasi wisatanya, kuliner khas Ciamis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tentu saja masakan khas Ciamis ini, memiliki cita rasa yang berbeda dengan masakan daerah lain di Indonesia.

Lantas, apa saja kuliner khas Ciamis legendaris yang menggugah selera? Simak artikel berikut ini.

Kuliner Khas Ciamis Legendaris

1. Mi Golosor


Mi Golosor. Foto: Cookpad
 

Kuliner mi tentu saja banyak ditemui di mana saja di seluruh wilayah Tanah Air. Namun, berbeda dengan mi golosor ini.  

Dilihat dari namanya golosor artinya licin. Jadi mi golosor memiliki tekstur yang licin dan berukuran lebih besar dari mi pada umumnya, sehingga mudah diseruput.

Makanan khas Ciamis yang juga merupakan makanan khas Sunda ini terbuat dari tepung kanji sehingga teksturnya kenyal.

Biasanya dihidangkan berkuah dengan topping di atasnya berupa daging, baik sapi maupun ayam dan ditambah kerupuk akan lebih meriah lagi saat memakannya.

Mi golosor tidak hanya disajikan berkuah saja, namun juga disajikan dalam bentuk mi golosor goreng dan mi golosor bakso. Keduanya memiliki rasa khas masing-masing yang tentunya akan mengenyangkan kamu dan bakal bikin kamu kangen kuliner ini.

Per porsi mi golosor dapat Anda nikmati dengan mengeluarkan biaya Rp15.000 hingga Rp30.000.

2. Galendo


Galendo. Foto: Shopee
 

Makanan ini cukup terkenal dikalangan masyarakat Ciamis. Galendo merupakan makanan khas dari daerah Ciamis yang terbuat dari santan kelapa yang direbus hingga menjadi minyak dan kemudian menghasilkan endapan.

Endapan ini biasanya disebut Galendo atau blotong. Baru kemudian galendo yang sudah dipres ini dikeringkan. Dalam perkembangannya galendo ini memiliki banyak varian rasa yang dikemas sebagai mana oleh-oleh dari daerah lain.

Galendo ini dapat Anda temukan di hampir semua toko oleh-oleh khas Ciamis sebagai makanan khas Ciamis. Galendo dibanderol dengan kisaran harga Rp100.000 per kilogramnya.

3. Pindang Gunung

Makanan khas Ciamis yang satu ini merupakan olahan dari ikan. Memiliki citarasa segar dan menggugah selera pindang ikan ini mirip dengan sup ikan, namun memiliki rasa asam dan pedas yang khas.

Umumnya ikan yang digunakan adalah ikan kakap merang, tongkol ataupun carwang. Tidak sulit untuk mendapatkan kuliner Ciamis ini karena tersedia dari mulai taraf restoran hingga tersedia di warung-warung makan kecil di Ciamis.

Untuk dapat menikmati seporsi pindang gunung ini kamu hanya mengeluarkan uang sebesar Rp30.000 per porsinya.

4. Sale Pisang


Sale Pisang. Foto: Shopee
 

Banyak yang mengira kuliner ini asli Cilacap, Jawa Tengah. Namun kenyataannya, makanan ini juga termasuk makanan khas Ciamis.

Camilan ini terbuat dari pisang dengan bentuknya yang diiris memanjang. Kemudian digoreng dengan tepung sehingga memiliki tekstur akhir yang di luar krispi dan lembut di dalam.

Pusat sale pisang Ciamis yaitu di daerah Padaherang, Banjarsari. Untuk mendapatkan sale pisang dengan kualitas ekspor ini kamu cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp10.000 per bungkusnya.

5. Saroja


Saroja. Foto: YouTube/YL's Kitchen
 

Saroja juga termasuk makanan khas Ciamis. Makanan satu ini memang berbentuk bunga Saroja tak heran bila namanya Saroja.

Saroja biasa dikenal sebagai kembang goyang. Bahan utama pembuatannya yaitu tepung terigu, telur dan gula yang kemudian digoreng dengan cetakan berbentuk bunga.

Camilan khas Ciamis ini dapat ditemukan di semua toko oleh-oleh Ciamis. Dibanderol dengan harga Rp2.000 per bungkusnya.

6. Dendeng Sapi


Dendeng Sapi. Foto: Instagram/@eunice_euston
 

Oleh-oleh satu ini juga termasuk makanan khas Ciamis. Seperti terlihat dari namanya terbuat dari daging sapi yang telah dibumbui kemudian dikeringkan atau dijemur.

Dendeng ini bisa dinikmati jika digoreng terlebih dahulu. Kemudian akan lebih enak lagi disantap sebagai lauk menemani nasi putih hangat.

Cita rasa yang gurih membuat makanan ini menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli. Dendeng dikemas dalam bentuk kering dengan dilengkapi rempah-rempah khas sehingga dapat bertahan lama.

Per bungkus dendeng sapi dibanderol dengan harga Rp27.000 hingga Rp100.000 tergantung dari ukuran.

7. Abon Sapi

Siapa sih yang tak suka abon sapi? Penganan enak nan nagih ini juga merupakan salah satu makanan khas Ciamis. Seperti halnya abon yang lainnya prosesnya pun sama.

Produk ini berupa suwiran kecil dari daging sapi dengan diberi bumbu khas sehingga citarasa yang dimunculkan sangat enak.

Untuk mendapatkan abon sapi ini traveler dapat mengeluarkan uang sebesar Rp30.000 hingga Rp100.000 per bungkusnya tergantung dari ukuran kemasan.

8. Surabi Khas Ciamis

Surabi atau yang dikenal sebagai serabi juga dapat ditemukan di Ciamis. Di Ciamis ini, surabi disajikan dengan beragam topping pilihan sesuai dengan selera.

Toping yang disediakan ada dua macam yaitu topping manis dan toping asin. Topping manis misalnya susu, cokelat, stroberi dan masih banyak lagi. Sedangkan topping asin misalnya telur, keju, oncom, abon dan masih banyak yang lainnya.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya dan ingin menikmati makanan khas Ciamis ini, yaitu surabi banyak ditemukan di sekitar pasar-pasar tradisional Ciamis. Harganya pun tergolong amat terjangkau yaitu Rp5.000 hingga Rp15.000 tergantung dari toping yang dipilih.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "8 Kuliner Khas Ciamis Menggugah Selera, Galendo hingga Pindang Gunung"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network