4 Jenis Makanan Ini Jangan Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh atau Kopi

Destriana Indria Pamungkas/Eni Pepin Lusiani
Ilustrasi. Foto: Freepik

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Inilah 4 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan dengan teh ataupun kopi. Karena jika hal tersebut dilakukan bisa saja memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Kombinasi makanan tertentu dengan minuman teh atau kopi memang bisa mempengaruhi penyerapan nutrisi atau bahkan menyebabkan gangguan pencernaan.

Berikut ini 4 jenis makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan teh atau kopi, yang dikutip dari Times of India.

Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan dengan Teh atau Kopi

1. Lemon

Konsumsi lemon dengan teh sudah sangat umum di kalangan masyarakat. Meskipun rasanya lezat, namun hal ini rupanya kurang tepat. Pasalnya, kandungan teh dan lemon bisa membuat minuman tersebut menjadi lebih asam dan memicu perut kembung.

Tak hanya itu saja, masalah refluks asam dan mulas juga bisa mengancam Anda.

2. Gorengan

Di Indonesia umumnya orang-orang minum teh atau kopi ditemani camilan berupa gorengan. Tapi ternyata kebiasaan itu bisa menyebabkan efek samping.

Hal ini terjadi karena gorengan memiliki kandungan tepung yang bisa berakibat pada masalah pencernaan. Selain itu, jika dikombinasikan dengan teh atau kopi akan menyebabkan tubuh kurang menyerap nutrisi karena kandungan kafein di dalamnya.

3. Makanan Kandungan Zat Besi

Selanjutnya, teh dan kopi rupanya tidak cocok jika dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kaya akan zat besi. Pasalnya, teh memiliki kandungan tanin dan oksalat yang dapat menghalangi penyerapan zat besi pada tubuh.

Selain itu, kopi memiliki kandungan tanat yang sulit dipecah oleh tubuh sehingga zat besi yang sudah masuk ke dalam justru dikeluarkan kembali oleh tubuh.

Beberapa makanan yang kaya akan zat besi dan perlu dihindari untuk dikonsumsi bersama teh adalah kacang-kacangan, sayuran hijau, dan makanan laut.

4. Kunyit

Makanan terakhir yang sebaiknya tidak dikonsumsi dengan teh atau kopi adalah kunyit. Rempah-rempahyang satu ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, namun jika diminum dengan teh bisa menyebabkan gangguan pada perut. Seperti sembelit, gas, dan keasaman.

Demikian 4 jenis makanan yang tidak boleh dimakan bersamaan dengan teh atau kopi. Ingat, penting untuk menjaga keseimbangan pola makan yang sehat dan mengonsumsi berbagai makanan bergizi untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "4 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Bersamaan dengan Teh atau Kopi"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network