Luis Suarez Meninggal Dunia, Ini 5 Fakta Sang Legenda Barcelona Peraih Ballon d'Or Pertama

Ramdani Bur/Eni Pepin Lusiani
Luis Suarez meninggal dunia. Foto: Genius celebs

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Ada 5 fakta Luis Suarez sang legenda Barcelona yang meninggal dunia akan diulas dalam artikel ini. Pesepakbola yang memiliki nama lengkap Luis Suarez Miramontes mengembuskan nafas terakhir pada Minggu, 9 Juli 2023 sore WIB.

Pria kelahiran La Coruna, Spanyol, tahun 1935 meninggal dunia di usia yang cukup tua, yakni pada usia 88 tahun.

Banyak yang menduga, Luis Suarez yang meninggal dunia merupakan pesepakbola asal Uruguay yang kini merumput bersama Gremio. Meskipun demikian, Luis Suarez Miramontes tidak kalah hebatnya dibanding Luis Suarez asal Uruguay.

Lantas, apa saja fakta Luis Suarez Miramontes sang legenda Barcelona? Simak rangkuman berikut ini.

Fakta Luis Suarez Sang Legenda Barcelona yang Meninggal Dunia

1. Lahir di Spanyol

 

Luis Suarez lahir di Spanyol pada 2 Mei 1935, tepatnya di Kota A Coruna. Berhubung lahir di Spanyol, Luis Suarez juga berkesempatan membela Timnas Spanyol. Dari 32 pertandingan memperkuat Timnas Spanyol, Luis Suarez mengoleksi 14 gol.

2. Cetak Sejarah

 

Luis Suarez mencetak sejarah, yakni menjadi pesepakbola pertama Barcelona yang meraih trofi Ballon d'Or. Ia meraih trofi Ballon d'Or 1960 setelah mengungguli dua nama lain, yakni Ferenc Puskas dan Uwe Seeler.

Setelah 1960, performa Luis Suarez tidak menurun. Terbukti, ia finis kedua di penganugerahan Ballon dOr 1961 dan 1964. Fakta ini menunjukan Luis Suarez Miramontes bukanlah pesepakbola sembarangan.

Jika melihat serangkaian trofi di atas, Luis Suarez Miramontes lebih berprestasi ketimbang Luis Suarez asal Uruguay. Terbukti, Luis Suarez asal Uruguay belum pernah memenangkan trofi Ballon dOr dan hanya sekali memenangkan gelar Liga Champions.

3. Bawa Spanyol Juara Piala Eropa 1964

 

Luis Suarez mengantarkan Timnas Spanyol juara Piala Eropa 1964. Saat itu di partai puncak, Spanyol menang 2-1 atas Uni Soviet.

Luis Suarez tercatat mengemas satu assist di Piala Eropa 1964. Ia mencatatkan assist saat Spanyol menang dramatis 2-1 atas Hungaria di semifinal Piala Eropa 1964.

4. Bermain di Posisi Gelandang

 

Semasa aktif sebagai pemain, Luis Suarez aktif sebagai gelandang. Karena kehebatannya dalam mengawal lini sentral, Luis Suarez berkesempatan membela klub-klub top.

Sebut saja Deportivo La Coruna, Barcelona, Inter Milan dan Sampdoria. Bahkan bersama Barcelona dan Inter Milan, Luis Suarez layak dicap sebagai legenda di dua klub tersebut

5. Legenda Barcelona dan Inter Milan

Luis Suarez layak dicap sebagai legenda Barcelona dan Inter Milan. Selama tujuh tahun (1954-1961) membela Barcelona, Luis Suarez mengoleksi 80 gol dan satu assist dari 176 pertandingan. Berkat bantuan Luis Suarez, Barcelona meraih enam trofi, termasuk dua gelar Liga Spanyol.

Sementara bersama Inter Milan, Luis Suarez mencetak 55 gol dan dua assist dari 329 pertandingan selama sembilan tahun (1961-1970) merumput di Stadion Giuseppe Meazza. Luis Suarez mengoleksi tujuh trofi, termasuk tiga gelar Liga Italia dan dua trofi Liga Champions selama memperkuat Inter Milan.

Artikel ini telah tayang di Okezone dengan judul "5 Fakta Luis Suarez Legenda Barcelona yang Meninggal Dunia, Nomor 1 Cetak Sejarah!"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network