Mengenal Anis Gading, Burung Hitam Misterius Penunjuk Jalan bagi Pendaki di Gunung Lawu

Nur Afidah Zalfalia Sagit/Eni Pepin Lusiani
Mengenal Anis Gading, Burung Hitam Misterius Penunjuk Jalan bagi Pendaki di Gunung Lawu. Foto: Instagram@Indoflashlight

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Burung Anis Gading, bagi yang sudah pernah mendaki ke Gunung Lawu tentunya sudah tak asing lagi. Burung berbulu hitam dengan paruh berwarna gading ini diyakini sebagai burung yang memberi petunjuk jalan kepada pendaki.

Dikutip dari unggahan akun Instagram @Indoflashlight, Sabtu (27/11/2021), burung ini sering dianggap sebagai sahabat setia dalam perjalanan dan penunjuk jalan agar para pendaki tidak tersesat.

Mitos ini pun berkembang di masyarakat lereng gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dan menyebar ke sejumlah para pendaki.

Ahli burung dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengatakan, burung tersebut memiliki nama latin Turdus poliocephalus.

"Jenis burung ini memiliki habitat di pegunungan, bahkan ada yang tinggal di puncak. Perilaku burung ini memang mencari makan di daerah vegetasi yang rimbun, di tanah, atau di wilayah terbuka seperti di jalur pendakian," tulis akun Instagram@indoflashlight.

Tentang perilaku Anis Gading yang mencari sisa makanan pendaki ternyata banyak dibenarkan para pendaki. Jadi, kemungkinan burung tersebut mendekati pendaki karena terbiasa memperoleh makanan sisa dari pendaki, terutama sisa makanan yang ada di jalur pendakian.

"Jadi, kemungkinan burung tersebut mendekati pendaki karena terbiasa memperoleh makanan sisa dari pendaki, terutama sisa makanan yang ada di jalur pendakian. Seperti sisa mie instan yang bisa saja dianggapnya cacing / ulat," tulis @indoflashlight.

Hal tersebut juga menjelaskan mengapa anis gading selalu terbang kembali ke jalur pendakian, apalagi kalau bukan mencari makanan. Namun, dalam masyarakat justru muncul mitos, Anis Gading ingin membantu menunjukkan jalan. Apa pun mitosnya semoga satwa ini tetap lestari.

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul "Mengenal Anis Gading, Burung Misterius Penunjuk Jalan di Gunung Lawu"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network