Ida Dayak Lakukan Ritual Tarian sebelum Obati Pasien, Apakah Mantra Ilmu Sihir?

Muhammad Sukardi/Eni Pepin Lusiani
Ritual tarian Ida Dayak sebelum obati pasien. Foto: celebrities.id/Istimewa/Okezone

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Sebelum pengobatan membetulkan tulang pasien yang bermasalah dilakukan, Ida Dayak terlebih dahulu akan melakukan ritual tarian.

Dari video yang banyak tersebar luas, dia tampak joget-joget terlebih dulu sebelum tangannya menyentuh tulang pasien dan akhirnya sembuh.

Banyak orang mengira bahwa ritual tarian Ida Dayak sebelum membetulkan tulang yang bermasalah adalah mantra ilmu sihir. Publik berkeyakinan bahwa dari jogetan itu lah Ida Dayak mendapat kekuatan spesial untuk membantu orang dengan masalah tulang.

Menjadi pertanyaan sekarang, apa benar tarian Ida Dayak mengandung ilmu sihir tertentu?

Pesulap Merah alias Marcel Radhival membokar hal itu. Jawaban dia atas pertanyaan itu disampaikan di video terbaru di channel Youtube pribadinya, Pesulap Merah Official. Apa katanya?

"Tarian-tarian yang Ibu Ida lakukan, ini untuk membuat pasiennya rileks, bukan mantra, bukan sakti-saktian. Gak ada hubungannya," kata Pesulap Merah, dikutip MNC Portal, Senin (10/4/2023).

Ada alasan kenapa Pesulap Merah begitu yakin kalau joget atau tarian Ida Dayak bukan suatu mantra atau mengandung ilmu sihir.

"Karena setelah diolesin minyak, gak didiemin terus tulangnya bergerak sendiri. Enggak kan? (Yang dilakukan Ida Dayak) Habis diolesin minyak, Ibu Ida Dayak ada teknik gerakan untuk membetulkan tulangnya," tutur pria yang identik dengan warna merah tersebut.

Pesulap Merah punya teori sendiri kenapa ada kepercayaan di masyarakat soal tarian Ida Dayak sebelum membetulkan tulang itu mengandung hal mistis atau ada ilmu di balik tarian tersebut.

"Mungkin karena Ibu Ida ini membawa nama 'Dayak', karena Dayak atau Kalimantan tuh entah kenapa kalau di Jakarta, di Jabodetabek, diyakini sebagai suatu daerah yang mistis atau yang ilmunya kuat banget," ucapnya.

"Jadi, gak ada hubungannya Ibu Ida Dayak dengan kesaktian, dengan goib-goiban, dengan mistis-mistisan, apapun itu, spiritual, gak ada. Itu cuma keahlian pengobatan tradisional," kata Pesulap Merah menegaskan sekali lagi.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman celebrities.id dengan judul "Ritual Tarian Ida Dayak sebelum Obati Pasien, Apakah Mantra Ilmu Sihir?"

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network