10 Fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Nomor 6 Menyedihkan

Dimas Choirul, Muhammad Refi Sandi, muhammad farhan, irfan Maulana/Eni Pepin Lusiani
Petugas berjibaku memadamkan kebakaran hebat yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara dan permukiman sekitarnya, Jumat (3/3/2023) malam. Foto: Antara

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara mengalami kebakaran hebat pada Jumat (3/3/2023) malam. Warga panik, api merembet ke permukiman di dekatnya yang padat penduduk.

Bahkan peristiwa tersebut menelan korban belasan orang meninggal dunia dan puluhan lainnya mengalami luka-luka. Pagi tadi, Sabtu (4/3/2023), kebakaran dinyatakan sudah dapat dipadamkan.

10 Fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

1. Warga Sempat Cium Bau Gas sebelum Kebakaran

Salah satu warga, Rosidi (57) mengungkapkan detik-detik sebelum terjadinya kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Warga RT 10/RW 09 itu menyebut dirinya sempat mencium bau gas LPG sebelum si jago merah mengamuk.

"Tadinya ada petir, jedor! Setelah reda ujan asapnya itu bau LPG," ujar Rosidi kepada iNews.id, Jumat (3/3/2023) malam.

Saat itu juga Rosidi langsung mengimbau warga untuk menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. Dia juga meminta warga untuk tidak menyalakan api.

"Soalnya saya lihat api keluar dari atas sini (kabel)," kata dia.

2. Kebakaran Merembet ke Pemukiman Warga

Depo Pertamina Plumpang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, terbakar pada Jumat (3/3/2023) malam sekitar pukul 20.30 WIB. Beberapa rumah warga berjarak tak jauh dari depo ikut terbakar.

Berdasarkan pantauan iNewsTV, petugas dibantu warga berusaha memadamkan api yang melalap rumah warga.

Disebutkan jarak titik utama kebakaran di depo yakni sekitar 150 sampai 200 meter dari rumah warga.

Dugaan sementara, kebakaran dipicu kebocoran pipa bensin yang kemudian menyambar ke pemukiman warga.

3. Kobaran Api Terlihat dari Jarak yang Cukup Jauh

Depo Pertamina Plumpang Jakarta Utara terbakar hebat Jumat (3/3/2023) malam. Api berkobar membubung tinggi.

Berdasarkan pantauan warga, api membumbung tinggi hingga terlihat dari kedua arah jalan tol dalam kota.

"Terlihat apinya tinggi dari jalan tol saat menjelang exit Sunter-Kelapa Gading," ujar Puji, warga Jakarta Utara saat dihubungi via telepon, Jumat (3/3/2023).

Lokasi kebakaran tepatnya di Jalan Tanah Merah Bawah RT 012/09 Koja, Jakarta Utara.

4. Suasana Sekitar Depo Plumpang Mencekam

Suasana di sekitar lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara mencekam, Jumat (3/3/2023) malam. Warga berlarian menyelamatkan diri menuju tempat aman.

Dalam rekaman video amatir warga sekitar, terdengar suara klakson kendaraan terus berbunyi disertai teriakan warga yang berlari menyelamatkan diri menuju tempat aman.

Mereka panik karena melihat api berkobar hebat di Depo Pertamina Plumpang yang lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga setempat.

Warga yang terdiri dari ibu-ibu, anak-anak hingga remaja berbondong-bondong menjauh dari lokasi. Mereka berjalan kaki, ada juga yang mengendarai sepeda motor menyelamatkan diri.

5. Ratusan Personel Damkar Dikerahkan

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Provinsi DKI Jakarta mengerahkan 180 orang untuk memadamkan kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Selain itu, 37 unit juga dikerahkan ke lokasi. 

"Kita sudah mengerahkan 37 unit dan 180 orang," kata Satriadi, Jumat (3/3/2023).

Menurutnya, petugas juga kesulitan menuju lokasi karena gang sempit dan permukiman padat. Ketika di lokasi, petugas melokalisir agar kobaran api tidak merambat ke permukiman. 

"Kita lakukan sekarang sedang melokalisasi perambatan permukiman," katanya.

Hingga saat ini petugas masih berjibaku untuk memadamkan api. Sejumlah warga mengalami luka dan dievakuasi ke rumah sakit.

6. Korban Meninggal 13 Orang dan Puluhan Terluka

Sebanyak 13 korban tewas imbas kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Data tersebut telah dimutakhirkan dari semula 17 orang, kini dikoreksi menjadi 13 orang berdasarkan data Posko kebakaran di Koramil 01/Koja.

Adapun, 13 korban yang meninggal dunia terdiri dari 10 dewasa dan 3 anak-anak. Belasan jenazah saat ini telah dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati.

Sementara itu, untuk korban luka bakar sebanyak 50 orang yang terdiri dari 49 orang dewasa dan 1 anak-anak. Mereka saat ini tengah mendapatkan perawatan di RSUD Koja, RS Tugu, RS Pelabuhan, RS Pertamina, dan RS Cipto Mangunkusumo.

7. Ratusan Warga Mengungsi

Sebanyak 600 warga mengungsi akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Para pengungsi tersebut ditempatkan di lima lokasi.

"Ada di lima lokasi, kantor Walikota Jakarta Utara, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA), Gelanggang Olahraga (GOR), dan tentunya Kantor Kecamatan dan kantor Palang Merah Indonesia," ujar Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono kepada wartawan di Posko Koramil 01 Koja, Sabtu (4/4/2023).

8. Terdapat 2 RW Terdampak akibat Kebakaran Ini

Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Gidion Arif Setyawan menjelaskan, dari penelusuran tim gabungan TNI, Polri dan Dinas Gulkarmat, kebakaran yang terjadi pada pukul 20.00 mencapai radius 1 kilometer (km) dari titik api di Depo Pertamina Plumpang. 

"(Radius kebakaran) Kurang lebih 1 kilometer, (penyebab) kami belum bisa menyampaikan dulu itu ada kewenangannya penyelidikan," ujar Gidion saat ditemui di lokasi. 

Gidion menambahkan, dari kebakaran hebat ini berdampak kepada puluhan hingga ratusan rumah yang terdiri dari dua Rukun Warga (RW) yang berada di wilayah Kelurahan Rawa Badak Selatan. 

"Dampak kebakarannya berada di Kelurahan Rawa Badak Selatan, ada dua RW yang terkena dampak," tuturnya.

9. Kebakaran sudah Dinyatakan Padam

Kebakaran yang melanda Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, pada Jumat (3/3/2023) menyisakan luka yang mendalam bagi para korban terdampak. Meski saat ini api sudah padam, sejumlah warga tampak masih duduk meratapi nasib rumahnya yang hangus terbakar.

Pantauan iNews.id di lokasi sekira pukul 04.00 WIB, terlihat banyak bangkai kendaraan hingga perabotan rumah tangga berceceran di sekitar jalan. Rumah warga juga terlihat sudah luluh lantak.

Tampak sejumlah warga mengais sisa-sisa harta bendanya. Mereka berharap, masih dapat mencari asa di balik harta benda yang masih bisa dijual.

10. 13 Jenazah Korban Dibawa ke RS Polri

Rumah Sakit Polri telah menerima 13 jenazah yang merupakan korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Ke-13 jenazah tersebut tiba di RS Polri sekira pukul 02.00 WIB, Sabtu (4/3/2023) dini hari. 

Kepala RS Polri, Brigjen Pol Hariyanto mengatakan, karena 13 jenazah adalah korban dari musibah di waktu malam hari, sehingga sulit untuk diidentifikasi identitasnya. Untuk itu, pihaknya membuka posko pengaduan bagi keluarga yang merasa kehilangan anggota keluarganya. 

"Jadi sebenarnya ini kan kecelakaan atau musibah di malam hari, otomatis untuk para korban ini kemungkinan identitas dirinya itu tidak terbawa, sehingga kami berharap keluarga yang merasa kehilangan sanak keluarganya. Selain melihat di rumah sakit-rumah sakit yang saat ini menjadi pusat perawatan, juga silahkan datang ke RS Polri untuk memberikan masukan kepada kita ciri-ciri daripada keluarganya tersebut," ujar Hariyanto di RS Polri, Sabtu (4/3/2023).

Artikel ini telah tayang di iNews.id dengan judul " 10 Fakta Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Nomor 8 Memilukan "

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network