Cara Unik Kuda Nil Mengusir Musuhnya, Menjijikan tapi Ampuh

Wasis Wibowo/Eni Pepin Lusiani
Cara Unik Kuda Nil Mengusir Musuhnya. Foto: Cnet

MOPUTO, iNewsCiamisRaya.id – Untuk mengusir musuhnya ataupun Kuda Nil lainnya yang masuk ke dalam wilayahnya, ternyata Kuda Nil punya cara yang unik alis tidak biasa. Caranya memang terdengar menjijikan, tetapi cukup efektif untuk mengusir Kuda Nil asing yang hendak mengganggu.

Ketika mendengar suara Kuda Nil asing yang masuk wilayahnya, Kuda Nil ternyata akan menyemprotkan kotoran untuk mengusirnya. Kuda Nil dikenal mampu buang air besar secara intens ketika mendengar panggilan Kuda Nil lain yang tidak dikenal.

Hal tersebut mungkin terdengar menjijikan, tetapi apa yang dilakukan Kuda Nil tersebut sangat ampuh mengusir Kuda Nil asing atau hewan lain di wilayahnya. Sebetulnya, itu merupakan cara yang sudah dikenal dari Kuda Nil untuk menandai ruang atau wilayah mereka.

Namun, cara itu ternyata digunakan untuk mengusir individu asing. Apalagi Kuda Nil dikenal agresif dan para pejantan terkadang terlibat dalam pertempuran untuk mempertahankan wilayahnya.

Rahasia ini diketahui dari hasil penelitian di Cagar Alam Khusus Maputo, Mozambik yang dikenal sebagai rumah bagi sejumlah kelompok Kuda Nil yang tinggal di danau yang berbeda. Hasil penelitian diterbitkan dalam jurnal Current Biology pada Senin 24 Januari 2022 dan dalam portal berita Science Media Exchange cara ini disebut "Tornado Poo".

"Kami menemukan bahwa suara individu asing menginduksi respons perilaku yang lebih kuat individu dari kelompok yang sama atau bertetangga," kata Nicolas Mathevon, peneliti dari University of Saint-Etienne, Prancis dikutip SINDOnews dari laman cnet, Selasa (25/1/2022).

Studi ini dapat membantu ilmuwan ketika hendak memindahkan Kuda Nil ke tempat lain sebagai upaya pelestarian. Apalagi Kuda Nil terdaftar sebagai hewan yang rentan dalam Daftar Merah Spesies Terancam IUCN, dengan status konservasi hewan dan tumbuhan.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews dengan judul " Begini Cara Kuda Nil Mengusir Musuhnya, Bikin Jijik Tapi Ampuh "

Editor : Asep Juhariyono

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network