Kenapa Tahi Lalat yang Ditumbuhi Rambut Berbahaya? Ini Penjelasan Secara Medis

Asthesia Dhea Cantika
Tahi lalat ditumbuhi rambut. Foto: Instagram @joshparle

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.idTahi lalat yang ditumbuhi rambut ternyata berbahaya, tetapi mungkin banyak orang awam yang belum mengetahuinya.

Tahi lalat pada umumnya tidak ditumbuhi rambut bahkan tidak dapat ditumbuhi rambut. Tahi lalat merupakan suatu kondisi saat kelompok melanosit atau sel kulit berpigmen, tumbuh di area kecil yang terkonsentrasi.

Tahi lalat biasanya muncul sebagai benjolan berwarna atau bintik-bintik yang bervariasi dalam bentuk dan ukuran dan lebih gelap dari bagian kulit lainnya. Warna tahi lalat mulai dari coklat hingga coklat kehitaman.  

Dalam beberapa kasus, ada orang yang punya tahi lalat yang ditumbuhi rambut. Bagi beberapa orang, adanya rambut di tahi lalat dipercaya sebagai indikasi adanya kanker.

Lantas, apa bahaya tahi lalat yang ditumbuhi rambut? Mengutip Healthline, Selasa (23/8/2022), disebutkan ada kemungkinan rambut tumbuh melalui permukaan tahi lalat, jika tahi lalat berada di atas folikel rambut. Sebab, sel-sel kulit normal yang membentuk tahi lalat sehat, pertumbuhan rambut dapat berlanjut seperti biasa.

Folikel menghasilkan rambut, bukan tahi lalat yang sebenarnya. Rambut kemudian menembus permukaan tahi lalat seperti halnya melalui sel kulit lainnya.

Sehingga bukan hal yang aneh melihat satu atau beberapa rambut tumbuh dari tahi lalat. Bahkan, dalam beberapa kasus, rambut yang tumbuh dari tahi lalat mungkin tampak lebih gelap atau lebih tebal daripada rambut tubuh lain di sekitarnya. Hal ini lantaran pigmen ekstra dalam sel bisa menggelapkan warna rambut juga.

Bukti anekdotal dari dokter kulit dan dokter lain menunjukkan bahwa, tahi lalat berbulu tidak umum menjadi kanker. Akan tetapi, bukan berarti tahi lalat ini tidak bisa berkembang menjadi kanker.

Editor : Asep Juhariyono

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network