get app
inews
Aa Read Next : Forum Perempuan Prima Berkah Salurkan Bantuan untuk Cegah Stunting di Tasikmalaya

Pelatihan Beternak Kambing di Sumberwungu: Solusi Efektif Cegah Stunting

Minggu, 06 Oktober 2024 | 13:09 WIB
header img
Pelatihan Beternak Kambing di Sumberwungu: Solusi Efektif Cegah Stunting dan Tingkatkan Kesejahteraan. Foto: Istimewa

GUNUNGKIDUL, iNewsCiamisRaya.idKelompok Wanita Tani (KWT) Kalurahan Sumberwungu yang dipimpin oleh Supatminah, baru saja menyelesaikan pelatihan beternak kambing sebagai langkah inovatif untuk mencegah stunting di daerah pedesaan. 

Pelatihan ini, yang diadakan di Balai Kalurahan Sumberwungu, Tepus, Gunungkidul, pada Sabtu (5/10/2024) diikuti oleh 28 anggota KWT.

Kegiatan ini merupakan hasil kerja sama strategis antara Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta (Unjaya), Pusat Studi Ketahanan Keluarga dan Komunitas (PSK3), serta Yayasan Ainul Yakin, dengan dukungan program Kosabangsa 2024 dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kemdikbudristek.

Stunting dan Pentingnya Pangan Hewani

Stunting, yang masih menjadi masalah gizi serius di Indonesia, terutama di wilayah pedesaan seperti Gunungkidul, menghambat pertumbuhan fisik dan kognitif anak-anak. Untuk menanggulangi masalah ini, peningkatan konsumsi protein hewani dari susu kambing menjadi solusi yang efektif. 

Susu kambing etawa, yang kaya akan protein dan kalsium serta mudah dicerna, diyakini dapat membantu memperbaiki status gizi anak-anak yang berisiko terkena stunting.

Pelatihan sebagai Upaya Peningkatan Ekonomi Lokal

Selain berfokus pada aspek gizi, pelatihan beternak kambing ini bertujuan memberdayakan kelompok wanita tani untuk mengelola peternakan dengan lebih efektif dan berkelanjutan.

Diharapkan, usaha peternakan kambing ini juga bisa membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat setempat, meningkatkan taraf hidup, dan memperkuat ketahanan pangan.

Editor : Asep Juhariyono

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut